- - - -
Facebook  Twitter  Google+

06/07/2014

Adu Penalti dengan Kosta Rika, Belanda ke Semifinal


SALVADOR (lintasmaduranews) - Belanda berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kosta Rika 4-2 dalam drama adu penalti setelah 120 menit bermain imbang 0-0 di Arena Fonte Nova, Minggu (6/7/2014) dini hari WIB.

Belanda menurunkan kekuatan penuh dengan Robin van Persie dan Arjen Robben di lini depan. Lini tengah masih digawangi Wesley Sneijder. Di kubu Kosta Rika, penyerangan dibebankan kepada Bryan Ruiz dan Joel Campbell.

Jalannya pertandingan

Di babak pertama, tempo permainan cukup cepat. Namun, tak ada peluang berarti hingga memasuki menit ke-20. Peluang emas baru terjadi di menit ke-22 untuk kubu Belanda.

Menerima umpan pendek Sneijder, tendangan Van Persie di sisi kiri dalam kotak penalti masih bisa ditepis kier Kosta Rika, Navas. Bola liar disambut Sneijder dengan melepaskan keras dari luar kotak penalti. Namun, lagi-lagi Navas mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Kosta Rika mengancam di menit ke-28. Tendangan bebas Borges masih menyamping di kanan gawang Belanda yang dikawal Cillessen.

Peluang emas kembali didapat Belanda di menit ke-29. Dempay lolos dari offside dan melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun, bola masih bisa dihentikan Navas menggunakan kakinya.

Menit ke-39, Belanda nyaris unggul. Tendangan bebas Sneijder ke pojok kanan atas gawang masih mampu ditepis Navas dengan sempurna.

Hingga babak pertama usai, tak ada satu gol pun tercipta.

Di babak kedua, Belanda langsung menekan. Sepakan jarak jauh Dempay menit ke-49 masih belum mampu memecah kebuntuan.

Kosta Rika mengancam di menit ke-65. Umpan silang Bolanos ke tiang jauh mampu disundul Gonzalez. Sayang, arahnya masih jauh dari sasaran.

Peluang kembali didapat Belanda di menit ke-75. Tendangan bebas Sneijder disambut sundulan Vlaar. Namun, lagi-lagi arahnya masih jauh dari sasaran dan melambung di atas gawang.

Belanda mendapatkan peluang emas di menit ke-82. Tendangan bebas Sneijder sudah melewati pagar betis. Namun, bola masih membentur tiang kanan gawang. Dua menit berselang, giliran sepakan Van Persie dari dalam kotak penalti mampu dihadang Navas.

Menit ke-88, Belanda seharusnya bisa unggul. Berawal dari umpan silang Sneijder, Van Persie yang berada di didepan gawang tak mampu menendang bola dengan sempurna.

Apes bagi Belanda, sepakan Van Persie di menit ke-90+3 masih bisa dihadang bek Kosta Rika di garis gawang dan bola memantul mengenai mistar gawang. Skor 0-0 bertahan dan pertandingan akan dilanjutkan perpanjangan waktu 2x15 menit.

Di 15 menit pertama, Kosta Rika lebih banyak bertahan. Belanda mendapat peluang mencetak gol di menit ke-94. Sundulan Vlaar memanfaatkan sepak pojok masih bisa ditepis Navas. Itu menjadi satu-satunya peluang di babak perpanjangan waktu pertama 2x15 menit.

Di 15 menit kedua, Kosta Rika mendapat peluang emas di menit ke-117. Lolos dari kawalan Vlaar, sepakan Urena di kotak penalti masih bisa dihentikan Cillessen.

Dua menit berselang, giliran Belanda mendapat peluang emas. Tendangan Sneijder dari luar kotak penalti membentur mistar gawang. Skor 0-0 tetap tak berubah dan pertandingan dilanjutkan adu penalti.

Dalam adu penalti, empat penendang Belanda berhasil mencetak gol, sementara dua dari lima penendang Kosta Rika gagal menaklukkan kiper Tim Krul. Alhasil, Belanda akan menantang Argentina di babak semifinal.

Berikut penendang penalti Belanda dan Kosta Rika:

Belanda: Van Persie (gol), Arjen Robben (gol), Wesley Sneijder (gol), Dirk Kuyt (gol.

Kosta Rika: C. Borges (gol), Ruiz (gagal), Gonzalez (gol), Bolanos (gol), Umana (gagal).

Susunan pemain:

Belanda: Jasper Cillessen (Tim Krul 120'), Stefan De Vrij, Ron Vlaar, Bruno Martins Indi (Klaas-Jan Huntelaar 106'), Memphis Depay (Jeremain Lens 76'), Georginio Wijnaldum, Daley Blind, Dirk Kuyt, Wesley Sneijder, Robin van Persie, Arjen Robben. Pelatih: Louis van Gaal

Kosta Rika: Keylor Navas, Cristian Gamboa (D. Myrie 79'), Johnnhy Acosta, Junior Diaz, Geancarlo Gonzalez, Bryan Ruiz, Celso Borges, Yeltsin Tejeda (Jose Cubero Loria 97'), Christian Bolanos, Joel Campbell (M. Urena 66'), Umana. Pelatih: Jorge Luis Pinto