- - - -
Facebook  Twitter  Google+

20/07/2014

Arus Mudik Penyebrangan Gilimanuk Meningkat 10 Persen


JEMBRANA (lintasmaduranews) - Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, mulai dipadati pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk menyeberang ke Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (20/72014).

"Khusus sepeda motor, ada peningkatan lima sampai 10 persen dibandingkan hari biasa. Kalau untuk mobil masih normal," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Gilimanuk, Wahyudi Susianto, Minggu (20/72014).

Karena belum ada lonjakan besar, jumlah kapal penyeberangan yang beroperasi masih sama dengan hari biasa, yaitu 32 unit.

Namun saat arus mudik mulai ramai, pihaknya akan mengerahkan 44 unit feri di jalur penyeberangan Jawa-Bali itu.

"Saat hari normal, ada waktu sandar kapal di dermaga. Agar cepat mengangkut arus mudik, kami terapkan kebijakan, begitu muatan penuh, kapal langsung berangkat," ujarnya.

Selain kapal, otoritas pelabuhan juga menambah loket pembayaran tiket, khususnya untuk sepeda motor, dari tiga menjadi tujuh unit.

"Yang buka sekarang masih tiga loket, tapi kalau kami lihat volume sepeda motor yang datang meningkat tajam, maka tujuh loket akan kami operasikan," katanya.

Menurut dia, cuaca di perairan laut Selat Bali masih normal sehingga tidak mengganggu jalur pelayaran di perairan tersebut. (saraswati)