- - - -
Facebook  Twitter  Google+

05/07/2014

Kalahkan Prancis, Jerman Maju ke Semi Final


RIO DE JANEIRO (lintasmaduranews) -erman mampu menaklukkan prancis dengan skor 1-0 dalam laga delapan besar piala dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Jumat (4/7/14) malam WIB. Atas kemenangan tersebut, Jerman mendapat tiket untuk maju ke semifinal.  

Pertandingan yang berlangsung itu berakhir untuk kemenangan Jerman 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh bek Mats Hummels pada menit ke-13.

Jerman unggul dalam penguasaan bola hingga 59 persen sepanjang 90 menit waktu pertandingan namun Prancis lebih gencar melakukan serangan. Tercatat, 13 tembakan dilepaskan Prancis dan lima diantaranya mengarah ke gawang. Berkat kecemerlangan Neuer, tak satupun dari shot on goal tersebut yang berbuah gol ke gawang Jerman.

Sementara itu, Die Mannschaft hanya bisa melepaskan sembilan tembakan dan tiga mengarah ke gawang.

Di semifinal, Jerman akan menghadapi pemenang antara Brasil melawan Kolombia pada laga yang digelar pukul 03.00 WIB nanti.

Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, memilih formasi 4-3-3. Mathieu Valbuena, Karim Benzema dan Jonathan Griezman mengisi lini depan. Gelandang muda Paul Pogba dipercaya sebagai gelandang serang.

Di kubu Jerman, pelatih Joachim Low meninggalkan skema false nine yang selama ini diterapkan. Penyerang tengah Miroslav Klose dipasang di ujung serangan formasi 4-3-3. Thomas Muller dan Mesut Ozil mendampingi di kiri dan kanan.
Kapten Philip Lahm yang akhir-akhir ini tampil sebagai gelandang bertahan kembali ke posisi alaminya sebagai bek sayap. Ia menggantikan Shkodran Musafri yang cedera. Posisinya sebagai gelandang bertahan digantikan oleh Sami Khedira, yang berduet dengan Bastian Schweinsteiger.

Jalannya pertandingan:

Jerman membuka laga dengan umpan-umpan pendek yang agresif, berusaha secepatnya masuk ke pertahanan Prancis. Laga baru berjalan tiga menit, Toni Kroos melepaskan tendangan jarak jauh ke gawang Prancis namun upayannya masih terhalang bek lawan.

Empat menit berselang, Prancis menghadirkan ancaman yang lebih nyata. Sebuah umpan matang Valbuena diterima Benzema di kotak penalti. Sayang bagi Prancis, tendangan sang bomber masih melenceng tipis di sisi kanan tiang gawang.

Petaka datang bagi Prancis pada menit ke-12. Pelanggaran yang dilakukan Pogba di sisi kanan pertahanan menghasilkan tendangan bebas bagi Jerman. Kroos, sang eksekutor tendangan bebas, mengarahkan bola ke kotak penalti. Si kulit bundar yang melintas langsung disambar tandukan Hummels. Bola pun bersarang ke gawang. Jerman unggul 1-0.

Unggul satu gol membuat Jerman tak lagi terburu-buru menyerang. Bastian Schweinsteiger dkk lebih tekun mengolah bola di tengah lapangan. Prancis menjadi kesulitan membangun serangan.

Baru pada menit ke-34, Prancis mendapat peluang matang untuk mencetak gol. Umpan silang Griezmann disambut tendangan kaki kiri Valbuena di sisi kanan dalam kotak penalti. Bola yang mengarah ke sudut kiri atas gawang masih bisa ditepis Manuel Neuer.

Semenit kemudian, Prancis kembali mendapat peluang. Sebuah umpan dari sepak pojok berhasil ditanduk Sakho. Bola masih mengarah terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Les Bleus semakin gencar menyerang dengan permainan cepatnya. Sejumlah peluang didapat, seperti pada menit ke-42, saat tandukan Benzema menyambut umpan silang Evra berhasil dihalau bek lawan sebelum melewati garis gawang. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Jerman.

Di babak kedua, Prancis langsung tancap gas demi mengejar ketertinggalan. Satu tembakan ke gawang kembali tercipta pada menit ke-60. Tandukan bek tengah Raphael Varane menyambut umpan silang Cabaye mengarah ke sudut kiri atas gawang namun bola masih bisa ditepis Neuer.
Jerman baru bisa menghadirkan ancaman bagi Prancis pada menit ke-69. Setelah menerima bola dari Kroos di sisi kiri kotak penalti lawan, Muller melepaskan tendangan yang masih melebar dari sasaran.

Prancis terus menebar ancaman. Pada menit ke-77, umpan silang Loic Remy diterima Matuidi di sisi kanan dalam kotak penalti lawan. Lagi-lagi Neuer melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang sudah mengarah ke tengah atas gawangnya.

Terus menyerang, Prancis nyaris kebobolan lewat serangan balik cepat Jerman pada menit ke-82. Sebuah umpan silang Thomas Muller dari sayap kiri disambut tendangan kaki kiri Schurrle di depan gawang. Bola yang mengarah ke tengah gawang berhasil ditepis kiper Prancis, Hugo Lloris.

Prancis terus menyerang dan berusaha menambah daya gedor dengan menarik Valbuena dan memasukkan Olivier Giroud. Menit ke-90, Giroud memberikan umpan matang kepada Benzema di sisi kanan dalam kotak penalti. Lagi-lagi, Neuer dengan gemilang mementahkan tendangannya. Hingga laga usai, skor tetap 1-0 untuk Jerman. (bl)

Susunan pemain:
Prancis: Hugo Lloris; Mathieu Debuchy, Patrice Evra, Raphael Varane, Mamadou Sakho (Laurent Koscielny 72'); Yohan Cabaye (Loic Remy 72'), Blaise Matuidi, Paul Pogba; Mathieu Valbuena (Olivier Giroud 85'), Karim Benzema, Antoine Griezmann. Pelatih: Didier Deschamps.


Jerman: Manuel Neuer; Benedikt Howedes, Mats Hummels, Philipp Lahm, Jerome Boateng; Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos (Christoph Kramer 90'); Mesut Ozil (Mario Gotze 84'), Miroslav Klose (Andre Schurrle 69'), Thomas Muller. Pelatih: Joachim Low.