- - - -
Facebook  Twitter  Google+

17/07/2014

Rekap KPU Sumenep, Prabowo Ungguli Jokowi


SUMENEP (lintasmaduranews) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Rabu (16/7/2014), menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan suara pilpres di tingkat kabupaten.

Dalam rekapitulasi manual tingkat tersebut, pasangan Prabowo-Hatta dinyatakan unggul atas pasangan Jokowi-JK. Pasangan Prabowo-Hatta m
eraup total suara 332.956 dan pasangan Jokowi-JK mengantongi 245.410.

Dalam rekapitulasi tersebut, dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, pasangan Prabowo-Hatta berhasil mendulang kemenangan di 19 kecamatan, sedangkan Jokowi-JK di 8 kecamatan.

Bahkan di sejumlah kecamatan, pasangan Prabowo-Hatta meraih kemenangan telak atas pasangan Jokowi-JK. Seperti di Kecamatan Guluk-guluk, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 21.914 suara, dan pasangan Jokowo-JK 'hanya' 7.727. Kemenangan telak juga terjadi di Kecamatan Pragaan. Pasangan Prabowo - Hatta meraup 27.194 suara, dan Jokowi - JK 'hanya' 15.251 suara.

Ketua KPU Sumenep A. Warits menjelaskan rekapitulasi manual tersebut merupakan real count perolehan suara pasangan capres/cawapres. "Ini kan dibacakan lengkap oleh masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK). Ya ini memang perolehan suara yang sebenarnya," katanya.

Ia memaparkan, perolehan suara tersebut sudah final, dan akan disampaikan ke KPU Provinsi Jawa Timur. "Ini langsung dibuatkan berita acara rekapitulasi, dan dikirim ke KPU Provinsi. Nanti akan dibacakan saat rekapitulasi manual tingkat Provinsi," ujarnya.

Berdasarkan data, jumlah pemilih di Kabupaten Sumenep yang tercatat dalam DPT sebanyak 896.525 orang. Sedangkan yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 344 orang, kemudian dalam daftar pemilih khusus (DPK) 6 orang, dan dalam daftar pemilih khusus tambahan sebanyak 1.871 orang.

Dengan demikian, total jumlah pemilih di kabupaten Sumenep sebanyak 898.746 orang. Dari jumlah tersebut, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 584.223 pemilih. (sum)