- - - -
Facebook  Twitter  Google+

28/09/2014

36 Pasang Sapi Karapan Ikut Kompetisi Tingkat Kabuapten di Sumenep


lintasmaduranews - Sebanyak 36 pasang sapi karapan berkompetisi mengikuti seleksai tingkat kabupaten di Lapangan Giling, Sumenep, Madura Jawa Timur Minggu (28/9/2014) pagi. Kompetisi tersebut untuk mendapatkan tiket di ajang piala karesidenan atau Gubeng.

"Ini merupakan seleksi tingkat kabupaten, sebanyak 36 pasang sapi karapan ikut dalam seleksi ini," kata ketua pelaksana seleksi karapan sapi piala kabupaten Sumenep, H. Fani.

Ia menambahkan, sebanyak 36 pasang tersebut sudah mengikuti babak penyisihan dan 18 pasang akan mengikuti seleksi semifinal. Namun karapan sapi yang ditonton ribuan orang itu tidak bisa dilanjutkan hari ini karena waktu yang tidak memungkinkan.

“Karena hari sudah malam, tidak mungkin dilanjutkan sekarang. Karapan akan dilanjutkan besok, Senin (29/9/2014) pukul 09:00WIB,” kata H. Fani.

Dari 36 pasanga sapi karapan itu, lanjut H. Fani, akan diambil 6 pasang sapi sebagai pemenang. Tiga pasang sapi pemenang daribagian kalah dan tiga pasang sapi dari bagianmenang menang. Dan keenam pasang tersebut bisa mengikuti paiala karesiden yang akandilaksanakan di Pamekasan nanti.

Sali, salah satu peserta dengan sapi karapan yang bernama Pelor Mas asal pulau Sapudi menjelaskan, sapi dan perawatnya serta jokinya harus bermalam di lapangan dengan memasang tenda dan alas seadanya.

“Karena sapi kami masih menang dan akan dilanjutkan besok, kami harus bermalam disisni (Lapangan Giling. Red),” kata Sali.

Pantauan lintasmaduranews di lapangan, karapan sapi tingkat kabupaten di Sumenep tersebut menggunakan rekeng, balsem, phuntot, pecceng yang terbuat dari halusan cabe dan jahe serta spirtus.

Selain itu, terlihat juga aparat keamanan dari kepolisian Sumenep berjaga-jaga di pintu masuk, di garis start, di garis finis dan di atas panggung juri.

Tenda-tenda yang terpasang pinggir lapangan, baik tenda untuk sapi karapan maupun tenda para penjual makanan dan minuman serta menjual mainan anak-anak juga nampak jelas.(sum)