- - - -
Facebook  Twitter  Google+

04/09/2014

5 Desa di Bangkalan Membutuhkan Bantuan Air Bersih dari Pemerintah


lintasmaduranews - Sebanyak  5 desa di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mengalami kemarau panjang sehingga banyak sumur yang kering dan warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenui kebutuhan hidupnya.

Kelima desa tersebut di antaranya, Desa Alas Kembang, Desa Pereng, sebagian Desa Pengolangan,  Benangkah dan Desa Binoh. Dan warga setempat megharap adanya bantuan air bersih dari pemerintah.

"Kami sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Kami sangat berharap kepada pemerintah memberi bantuan air bersih," kata Rahman warga Desa Alas Kembang, Kamis, (4/9/2014).

Warga lain, Moh.Rifin warga  Desa Binoh mengatakan,  sebagian besar sumur dan sumber air didesanya sudah banyak yang mengalami kekeringan. Termasuk pengairan di areal sawah juga sudah tidak bisa diharapkan lagi. Sehingga banyak lahan yang dibiarkan  menunggu musim hujan tiba kembali.

“Sawah saya hanya bisa ditanami otok (kacang panjang) karena tidak membutuhkan air terlalu banyak saat dilakukan penanaman. Kalau bisa kami mohon kepada bapak Bupati Bangkalan droping air bersih bisa secepatnya didistribusikan ke desa kami,” pinta Ripin.

Camat Burneh Salman Hidayat melalui Sekcam Hery Untoro menjelaskan, kesulitan warga terkait air bersih sudah dilaporkan kepada Bupati Bangkalan, Muh. Makmun Fuad.

“Lima desa dari 11 desa di Kecamatan Burneh yang mengalami kekeringan tersebut sudah dilaporkan disertai ke pak bapak Bupati Bangkalan,Muh.Makmun Ibnu Fuad,” kata Sekcam Hery Untoro, Kamis, (4/9/2014). (lan)