- - - -
Facebook  Twitter  Google+

14/09/2014

HUT ke-53, Gerakan Pramuka Sumenep Gelar Karnaval Budaya


lintasmaduranews - Kwarcab Gerakan Pramuka Sumenep, Madura, Jawa Timur,  Minggu (14/09/2014) menggelar kegiatan Karnaval Budaya dengan tema “Melalui Gerakan Pramuka, Kita Junjung Tinggi Budaya Bangsa” dalam rangka memeperingan Hari Ulang Tahun Pramuka ke- 53.

Karnaval Budaya yang diikuti sebanyak 46 peserta dari berbagai Gugus Depan atau  Gudep se Kabupaten Sumenep mulai tingkat SD, SMP dan SMA dan yang sederajat itu dilepas langlung oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kamabicab Gerakan Pramuka Sumenep, Bupati A. Busyro Karim di depan Masjid Agung Sumenep  dan berakhir di GOR A Yani Pangligur Sumenep.

“Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan serta merupakan bagian dari pendidikan nasional, diharapkan mampu menumbuhkan semangat kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya luhur nenek moyang sendiri,” kata Busyro sebelum melepas peserta, Minggu (14/09/2014).

Sementara, Ketua Kwarcap Pramuka Sumenep, H. Achmad Shadik, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk partisipasi Pramuka Sumenep untuk menunjukkan kreasi dan imajinasi dalam menampilkan kekayaan budaya Sumenep.

Kegiatan ini salah satu bentuk bahwa Pramuka bisa turut ambil bagian dalam menumbuhkan kepedulian generasi muda terhadap nilai-nilai budaya, khususnya di Sumenep,” katanya

Kepala Dinas Pendidikan tersebut berjanji untuk lebih mengoptimalkan program yang mampu mendorong kalangan siswa dan generasi muda lainnya untuk semakin mencintai budaya bangsa sendiri.

“Saya berjanji akan lebih mengoptimalkan program yang mampu mendorong kalangan siswa dan generasi muda lainnya untuk semakin mencintai budaya bangsa sendiri.” Tegasnya.

Selain Karnaval Budaya, rangkaian kegiatan lain yakni perkemahan di tingkat kwartir ranting maupun kwartir cabang, lomba jambore on the air, jambore on internet, serta kursus mahir lanjutan. (sum)