- - - -
Facebook  Twitter  Google+

28/09/2014

Ribuan Sepeda Onthel Ramaikan HUT Unej ke-50


lintasmaduranews - Ribuan orang yang menggunakan sepeda onthel meramaikan kegiatan Pekan Onthel Nusantara yang digelar dalam rangka merayakan ulang tahun ke-50 Universitas Jember (Unej) di Jember, Jawa Timur, Minggu (28/9/2014)

Rektor Unej M Hasan mengatakan bahwa Pekan Onthel Nusantara itu, selain untuk memeriahkan dies natalis Unej juga bertujuan untuk membudayakan hidup sehat dengan mengayuh sepeda.

Menurut dia, sepeda yang juga dikenal sebutan onthel merupaka alat transportasi tradisional dan harus dilestarikan. Unej sebagai perguruan tinggi juga memiliki visi mengenai pelestarian lingkungan.

"Kegiatan ini juga bagian implementasi Unej sebagai kampus yang ramah lingkungan. Kita juga harus mendukung bagaimana menciptakan suasana yang ramah kepada pengguna sepeda," katanya.

Kegiatan itu dilaksanakan Unej bekerja sama dengan dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Cabang Jember. Karena itu pesertanya tidak hanya dari Jember, melainkan dari sejumlah daerah di Jawa Timur, bahkan dari luar Jatim, yakni Surabaya dan Nusa Tenggara Barat.

Fajar Putra, dari Kosti Jember, menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan penilaian terhadap peserta, baik perorangan maupun secara kelompok. Kriteria penilaiannya menyangkut kekompokan (bagi kelompok) dan kreatvitas.

Karena itu peserta dalam ajang itu berusaha tampil seunik mungkin, baik kostum pengendara maupun sepeda yang digunakan. Sementara yang ikut secara berkelompok, selain tampil unik juga selalu menjaga kekompakan selama perjalanan berkeliling Kota Jember.

Hasan menjelaskan bahwa secara umum, kegiatan memeriahkan dies natalis ke-50 kampus tersebut dikemas dalam Festival Tegalboto yang puncaknya digelar 10 November 2014. Tegalboto sendiri diambil dari nama wilayah tempat kampus Unej berada. (jat/ema)