- - - -
Facebook  Twitter  Google+

25/11/2014

Harga Cabai Besar di Sumenep Rp.48 Ribu


lintasmaduranews - Harga cabai merah besar di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengalami penaikan. Harga yang sebelumnya sebesar Rp.42 ribu perkilogram, sekarang menjadi Rp48 ribu.

"Sesuai hasil pemantauan harga di Pasar Anom Baru di Kecamatan Kota pada Senin ini, harga cabai merah besar Rp48 ribu perkilogram. Ada penaikan harga yang cukup signifikan," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep, Jawa Timur, Senin (24/11/2014).

Selain cabai merah besar, harga bawang juga mengalami penaikan, yakni bawang merah dari Rp13 ribu menjadi Rp14 ribu perkilogram dan bawang putih dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu perkilogram.

"Selain pasokan yang berkurang atau terbatas dari Surabaya, kenaikan tarif jasa transportasi ikut menyumbang penaikan harga komoditas tersebut," ujarnya.

Sementara harga komoditas lainnya, stabil, jika dibandingkan dengan akhir pekan lalu, seperti harga cabai kecil tetap Rp60 ribu perkilogram dan gula pasir tetap pada kisaran Rp9.500 hingga Rp10 ribu perkilogram.

Begitu juga dengan beras premium dalam kemasan 25 kilogram, yakni pada kisaran Rp210 ribu hingga Rp222 ribu tergantung merek.

Harga minyak goreng curah tetap Rp11 ribu perkilogram, mentega curah sebesar Rp20 ribu perkilogram, dan tepung pada kisaran Rp6 ribu hingga Rp7.500 perkilogram tergantung merek.

"Sesuai hasil pemantauan harga pada Senin ini, memang hanya harga tiga komoditas yang mengalami penaikan, yakni cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih," kata Heni, menerangkan.

Staf Disperindag Sumenep setiap hari memantau harga kebutuhan pokok di dua pasar, Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru dan Pasar Bangkal Baru. (ant)