- - - -
Facebook  Twitter  Google+

21/11/2014

Mantan Bupati Sampang akan Disidang di Pengadila Tipikor Surbaya



lintasmaduranews - Mantan Bupati Sampang Noer Tjahja akan segera menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya atas kasus dugaan korupsi di PT Sampang Mandiri Perkasa (SMP) yang menjeratnya sebagai tersangka.

Tim penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung menyerahkan Noer Tjahja ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. "Hari ini dilakukan tahap dua dari Kejagung ke Kejati," ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum Romy Arizyanto, Kamis (20/11/2014).

Terpisah, Kepala Seksi Penuntutan (Kasitut) Kejati Jatim, Dandeni, menjelaskan, kasus yang membelit Noer Tjhaja dkk terkait dugaan korupsi pengelolaan keuangan bisnis gas oleh PT SMP. Setelah mendapatkan persetujuan dari BP Migas, SMP lantas memasok gas dari PT Santos dan dijual ke PT Power Indonesia.

Menjadi masalah hukum karena diduga ada permainan dilakukan para tersangka pada pendirian PT SMP. "SMP ini semula perusahaan swasta, tapi diotak-atik seolah perusahaan daerah. Padahal untuk kegiatan ini harus perusahaan daerah," kata Dandeni.

Kendati direncanakan sejak tahun 2008, namun kegiatan pengiriman gas dari PT Santos melalui PT SMP lalu ke PT Power baru berjalan tahun 2012. Selain itu, lanjut Dandeni, harga gas yang ditentukan dalam kegiatan PT SMP lebih mahal dari sewajarnya. Duit lebih tersebut diduga masuk ke kantong pribadi para tersangka. Akibatnya, negara dirugikan Rp 16 miliar.(ema)