- - - -
Facebook  Twitter  Google+

20/11/2014

Polres Sumenep Sebar 660 Personel Amankan Pilkades


lintasmaduranews - Pimpinan Kepolisian Resor Sumenep, Madura Jawa Timur, menerjunkan ratusan personel ke masing-masing lokasi pemilihan kepala desa (pilkades) yang akan digelar pada hari ini, Kamis (20/11/2014).

"Ada sekitar 660 personel sudah berangkat ke kecamatan yang terdapat pilkades. Mereka akan langsung siaga di masing-masing desa sejak tadi malam," kata Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Edy Purwanto kepada lintasmaduranews di Sumenep, Kamis (20/11/2014).

Pada tahun ini, Pemkab Sumenep memfasilitasi terselenggaranya pilkades serentak secara bertahap, baik di wilayah kecamatan daratan maupun kepulauan.

Secara teknis, pelaksanaan pilkades serentak di Sumenep dibagi tiga tahap, yakni pada 20 November, 26 November, dan 1 Desember.

"Pada Kamis akan digelar 31 pilkades, semuanya di wilayah kecamatan daratan. Kami sudah menentukan jumlah personel di masing-masing pilkades dengan menyesuaikan situasi di lapangan," tambahnya.

Pada pilkades yang masuk kategori aman akan disiagakan 10-15 polisi, pilkades kategori rawan sebanyak 15-20 polisi, dan pilkades sangat rawan sebanyak 20-30.

Pemetaan status pilkades itu berdasar pada kondisi geografis, situasi kamtibmas selama enam bulan terakhir, dan jumlah pemilih.

"Kami melibatkan personel Satuan Brimob Polda Jawa Timur dengan status sebagai pasukan 'on call'. Sejak Rabu siang, satu satuan setingkat kompi (SSK) Brimob Polda Jatim sudah disiagakan di Mapolsek Ambunten," ucapnya.

Edy juga mengemukakan, pihaknya didukung ratusan personel dari sejumlah instansi samping, seperti TNI (Kodim 0827), Satpol PP, dan Bakesbangpollinmas Sumenep, dalam rangka pengamanan pilkades tersebut.

"Alhamdulillah, hingga sekarang situasi di 31 desa yang pada Kamis akan digelar pilkades, kondusif. Semoga situasi kondusif tersebut tetap terjaga hingga pilkades usai," pungkasnya. (sum)