- - - -
Facebook  Twitter  Google+

14/11/2014

SKK Migas Gelar Pelatihan Biogas dan Pengalengan Ikan di Pulau Sapudi


lintasmaduranews - Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Jawa, Bali, Madura, dan Nusa Tenggara (Jabamanusa), menggelar pelatihan Biogas dan pelatihan Pengawetan serta pengalengan ikan di Pulau Sapudi, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (13/11/2014).

Pelatihan tersebut merupakan bantuk bantuan bantuan Program Pendukung Operasi (PPO) HCML kepada masyarakat Pulau Sapudi yang diberikan melalui kelompok masyarakat yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut. Terhitung mulai Kamis hingga Sabtu (13-15/11/2014) lusa.

"Ini merupakan bagian dari ketentuan yang ada dalam amdal HCML. Sementara pelatihan ini terdiri dari dua kelompok pelatihan, yaitu pelatihan biogas dan pelatihan pengawetan dan pengalengan ikan," kata Ali Aliyuddin, Site Relations and Community Development Officer (HCML), di Kantor Desa Pancor, Kecamatan Gayam.

Acara pembukaan program yang mengandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh November (LPPM-ITS) sebagai pelaksana kegiatan itu, dihadiri oleh langsung oleh pihak HCML, SKK Migas Jabamanusa, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Selain itu, program tersebut juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan dan memaksimalkan potensi usaha masyarakat melalui pelatihan oleh tenaga ahli. "Diharapkan program pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat untuk mengoptimalkan pendapatan mereka," harapnya.

"Melalui pelatihan ini, masyarakat diajari cara-cara mengelola limbah sapi yang melimpah menjadi biogas, teknik pengalengan ikan, hingga teknik pengelohan rumput laut," ungkapnya.

Pantauan lintasmaduranews, masyarakat Sapudi baik yang berada di kecamatan Gayam maupun yang ada di Kecamatan Nonggunong sangat antusias dengan adanya pelatihan tersebut.

"Seperti yang kita ketahui, masyarakat tadi sangat antusias dengan pelatihan yang kita berikan. Bahkan, masyarakat juga aktif dan tidak segan bertanya terkait apa yang tidak merekapahami," kata Ami Hermawati, Staf Humas SKK Migas Perwakilan Jabanusa kepada lintasmaduranews.

Selain itu, HCML dan SKK Migas Perwakilan Jabanusa, juga mengagendakan program lainnya berupa teknik pengolahan rumput laut, di Pulau Raas, Sumenep, yang akan dilaksakan pada hari ini, Jum'at (14/11/2014). Dalam program itu akan dilaksanakan pelatihan kultibasi, pengeringan rumput laut, dan diversifikasi rumput laut.(sum)