- - - -
Facebook  Twitter  Google+

17/02/2015

KPU Sumenep Tunggu Pengesahan RUU Pilkada


lintasmaduranews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep 'ancang-ancang' memulai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat pada Mei 2015, apabila Pilkada digelar pada Desember 2015.

"Kami masih menunggu pengesahan RUU Pilkada menjadi Undang-undang. Kalau Pilkada Sumenep dilaksanakan Desember, maka perkiraan kami, tahapan akan dimulai bulan Mei, karena tidak ada uji publik" kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Selasa (17/02/15).

Pada pembahasan RUU Pilkada Senin (16/02/15) Komisi II DPR RI dan Pemerintah menyepakati pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak dilakukan dalam beberapa gelombang mulai Desember 2015.

Untuk kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2015 serta pada semeser pertama 2016, Pilkada serentak akan dilakukan pada Desember 2015. Sedangkan untuk kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada semester kedua 2016 dan kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2017, Pilkada serentak akan dilaksanakan pada Februari 2017.

"Tapi itu kan masih pembahasan. Belum disahkan. Jadi kami sekarang dalam posisi menunggu. Termasuk juga menunggu aturan teknis yang mengatur pelaksanaan Pilkada," ujarnya.

Warits mengatakan, untuk tahapan Pilkada, pihaknya masih harus menunggu PKPU yang mengatur tentang tahapan. Karena dipastikan, akan ada revisi dari aturan lama. "Jadi untuk tahu apa tahapan awal, kami harus menunggu PKPU tahapan," ucapnya.

Namun yang jelas, lanjut warits, langkah awal yang akan dilakukannya adalah menggelar sosialisasi ke beberapa pihak, terkait undang-undang Pilkada yang baru. "Minggu depan rencananya akan ada rapat koordinasi KPU se-Jawa Timur pasca pengesahan RUU menjadi UU Pilkada. Setelah itu, kami akan menindaklanjuti dengan sosialisasi," pungkasnya.

Masa jabatan Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015, A Busyro Karim-Soengkono Sidik akan berakhir pada Oktober 2015.

Sumber :beritajatim