- - - -
Facebook  Twitter  Google+

05/03/2015

23 PNS di Sumenep Siap Ikuti Lelang Jabatan


lintasmaduranews - Kabupaten Sumenep merupakan satu-satunya  kabupaten di Jawa Timur yang mempersiapkan aparatnya untuk mengikuti lelang jabatan seperti yang tercantum dalam Undang-undang nomor 05 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara- ASN. Kesiapan tersebut dibuktikan dengan tuntasnya 32 pejabat disumenep mengikuti Uji Kompetensi yang di gelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam amanat undang-undang ASN disebutkan,  untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Negara baik Madya ataupun Pratama, akan mempertimbangkan sejumlah syarat.  Diantaranya  kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan.

“Syarat itu harus terpenuhi termasuk diantaranya rekam jejak jabatan, dan integritas  PNS akan menjadi acuan utama, setelah sebelumnya diumumkan dalam bentuk lelang jabatan,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sumenep, Titik Suryati, Kamis (5/3/2015).

Mantan Kabag Hukum Pemkab Sumenep mengatakan, dalam lelang jabatan nanti, akan dibentuk panitia seleksi yang semuanya akan dipantau Oleh Komisi Aparatur Sipil Negara ( KASN). Diantara tugas KASN  adalah melakukan pemantauan dan penugasan terhadap seleksi jabatan dibawah.

“KASN juga berhak membatalkan jabatan yang diterima PNS jika tidak sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.

Untuk tahun 2015 ini, dari data BKPP, sedikitnya ada 58 jabatan yang kosong karena pejabatnya memasuki masa pensiun. Jumlah tersebut terdiri dari Pejabat Eselon 2,  tiga orang, Pejabat Eselon 3,  satu orang, dan Pejabat eselon 4,  lima puluh empat orang. (rri)