- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/03/2015

ESDM Sumenep Pastikan Listrik di 3 Desa Menyala Tahun Ini



lintasmaduranews - Penyalaan lampu listrik di tiga desa di Kabuaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yakni  Desa Kombang Kecamatan Talango Pulau Poteran, Juruan Daya Kecamatan Batu Putih, dan Sentol Kecamatan Paragaan, dipastikan beroperasi karena pemasangan jaringan listrik di tiga Desa itu sudah mencapai 90 persen.

”Yang pasti ada tiga desa untuk tahun ini. Yaitu Kombang, Juruan Daya, dan Sentol. Masyarakat di tiga lokasi itu akan segara menikmati penerangan listik PLN karena tahun ini sudah bisa menyala,” terang Kepala Seksi Energi dan Kelistrikan ESDM Sumenep, Nur Hidayat, Selasa (10/3/2015).

Dayat mengemukakan, pemasangan jaringan di tiga Desa itu berlangsung secara bertahap mulai 2009. Pemerintah Kabupaten bersama PLN memang tidak dapat melakukan persiapan secara singkat karena keterbatasan anggaran di APBD.

Saat ini, pemasangan jaringan di tiga lokasi itu sudah mencapai 90 persen. Pihak PLN masih menuntaskan sisa jaringan yang belum terpasang sebelum listrik di daerah tersebut dioperasikan.

”Mengenai waktunya itu PLN, namun pastinya mulai tahun ini. Dan sekarang tinggal menunggu jaringan khususnya di rumah tangga yang belum terpasang,” ujarnya.

Dayat menambahkan, sejauh ini, memang masih banyak desa terutama di daerah terpencil yang belum teraliri listrik PLN, sehingga kondisinya gelap dan kalaupun ada sifatnya mamasang jaringan sendiri secara liar atau nyantol.

Pemkab terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan listik, namun perlu dilakukan secara bertahap mengingat anggaran di APBD cukup terbatas.

”Di daerah lain tetap kami proses sesuai dengan kekuatan anggaran,” ucapnya. (rri)