- - - -
Facebook  Twitter  Google+

23/03/2015

Jumlah Warga Miskin di Sampang Terbanyak Se- Jawa Timur




lintasmaduranews - Jumlah warga miskin di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur masih menempati angka tertinggi dibandingkan daerah lainnya di Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur, Fattah Jasin, saat menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2016, di pendopo Bupati setempat. Senin (23/3/2015).

Diungkapkannya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sampang mencapai angka hampir 24 persen. Beberapa faktor yang menyebabkan masih tingginya angka kemiskinan di Sampang, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan sarana infratsruktur yang kurang memadai.

"Ada beberapa faktor diantaranya, di bidang pendidikan, masih banyak warga yang putus sekolah, sekolahnya hanya SD dan SMP, jadi harus didorong lagi, kemudian untuk bidang kesehatan, masih tingginya angka kematian ibu dan bayi," terangnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Bupati Sampang Akhmad Fannan Hasib menerangkan, pada tahun 2016 pihaknya akan memprioritaskan enam program pembangunan diantaranya peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan kualitas pelayanan publik, peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur.

"Ya kalau saya lihat di Sampang ini, yang paling parah adalah kondisi jalannya," ujarnya.

Bupati berharap, masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan di Sampang, dan semua yang dilakukan harus dijaga dan dipelihara dengan baik. (rri)