- - - -
Facebook  Twitter  Google+

29/03/2015

Kelulusan Siswa di Sumenep Ditentukan Nilai Raport


lintasmaduranews - Ujian Nasional (UN) pada tahun ini tak lagi menjadi momok bagi para siswa. Pasalnya, ujian yang digelar setiap tahun itu tak lagi menjadi penentu kelulusan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Achmad Sadik menjelaskan, tahun ini nilai kelulusan siswa tidak lagi ditentukan dengan nilai dari UN, akan tetapi melalui nila raport.

“Nilai UN hanya sebagai pertimbangan, mas. Sekarang akumulasi dari nilai raport dan kelulusan akan diserahkan kepada masing-masing lembaga pendidikan atau sekolah,” jelasya kepada Radio Republik Indonesia, Minggu (29/3/2015).

Untuk tingkat SMA, nilai raport yang akan menjadi pertimbangan dari semester III hingga semester V. Sementara untuk tingkat SMP, yang dinilai raport semester I sampai semester V.

“Ada nilai standartnya, akumulasi dari nilai raport, ujian sekolah dan UN harus di antara 50-70. Jika di bawah itu juga, nggak bisa diluluskan,” tutur Sadik.

Kendati UN sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan, tegas Sadik, dirinya tetap meminta kepada seluruh siswa untuk melakukan persiapan matang dalam menghadapi UN, karena nilai yang diperoleh dari UN tersebut juga akan berpengaruh pada akumulasi nilai kelulusannya nanti.

“Ya, harus tetap bagus nilai UN-nya, kan berpengaruh pada akumulasi nilai. Kalau nila raportnya selama ini jelek, kan bisa dibantu dengan nilai UN-nya,” pungkas Sadik. (rri)