- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/03/2015

Kemenag Sumenep Siap Tunda Pemberangkatan CJH yang Sakit


lintasmaduranews - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyatakan siap untuk mencoret atau menunda keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) tahun ini jika yang bersangkutan kedapatan sakit.

"Kami (Kemenag, red) siap untuk mencoret CJH sakit untuk tidak diberangkatkan atau ditunda keberangkatannya," jelas kepala kantor Kemenag Sumenep Mohammad Shodiq kepada RRI, Senin (9/3/2015).

Hal tersebut menyusul adanya imbauan dari Kemenag pusat kepada penyelenggara haji di masing-masing daerah, agar tegas mencoret atau tidak memberangkatkan CJH yang sakit. Karena selama ini jika terjadi masalah kepada yang bersangkutan, semisal meninggal dunia di Tanah Suci, Kemenag lah yang selalu disalahkan.

Menurut Shodiq, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan ketat terhadap keberangkatan CJH di tahun ini, dengan mempertimbangkan hasil rekomendasi dari tim kesehatan yang memeriksa para CJH tersebut.

"Tahun ini kami akan lebih selektif, mas. Kita lihat katagori sakitnya sesuai rekom dari tim kesehatan. Kalau cuma sakit-sakit biasa, ya kita tolerir lah. Tapi kalau kronis, ya harus kita coret," tuturnya.

"Seperti tahun kemarin, yang berangkat itu ada yang punya penyakit dan membutuhkan untuk cuci darah. Kalau tahun lalu, penyakit seperti itu bisa lolos. Untuk tahun ini, tidak akan kami loloskan karena menurut kami itu kronis," pungkasnya.(rri)