- - - -
Facebook  Twitter  Google+

19/03/2015

TNI AD Sampang Ciptakan Kendaraan Berbahan Bakar LPG


lintasmaduranews - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar yang tidak stabil, membuat anggota TNI AD Paldam V Brawijaya memutar otak untuk menciptakan kendaraan hemat energi.

Dengan keahlian yang dimiliki, terbukti Korp baju loreng ini berhasil memodifikasi sepeda motor, sehingga bisa menggunakan gas LPG 3 kg sebagai bahan bakar.

Dalam kunjungannya ke Kodim 0828 Sampang bersama rombongan sepeda motor berbahan bakar gas LPG 3 kg, Wakil Kepala Bengkel Daerah, Paldam V Brawijaya, Mayor Arie Bambang menjelaskan, sepeda motor ciptaan anggotanya ini cukup sederhana.

"Cukup sederhana dan biayanya relatif murah, tidak lebih dari satu juta rupiah. Jadi gas LPG itu dialirkan ke karburator melalui regulator khusus," kata Mayor Arie Bambam, Kamis (19/3/2015).

Kendaraan yang dimodifikasi tersebut bekerja secara hybrid atau tidak mengubah sistem penggunaan bahan bakar melalui karburator.

"Kendaraan ini masih bisa menggunakan bensin, jadi kalau gasnya habis, kran bensin dibuka, begitu juga sebaliknya," imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, saat ini sepeda motor yang dirubah menggunakan bahan bakar gas LPG sebanyak 10 unit.

"Mampu dengan kecepatan 60 hingga 70 km per jam, dan untuk gas LPG 3 kg mampu menempuh 200 Kilometer lebih," jelasnya.

Untuk langkah pembuatan secara masal, pihaknya menyatakan masih menunggu perintah dari atasan. (rri)