- - - -
Facebook  Twitter  Google+

02/04/2015

Distribusi Naskah Soal UN ke Sekolah di Kepulauan Sumenep Lebih Awal


lintasmaduranews - Distribusi naskah soal Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2014-2015 tingkat SMA/MA/SMK khususnya untuk sekolah penyelenggara di wilayah Kepulauan Sumenep dijadwal, Kamis (2/4/2015) siang ini, dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur. Naskah UN untuk wilayah Kepulauan memang dikirim lebih awal ke Sumenep, karena proses distribusinya ke sekolah kepulauan twersebut penyelenggara menyesuaikan dengan jadwal kapal.

”Berdasarkan hasil kordinasi kami dengan Disdik Provinsi, untuk UN tingkat SMA di sekolah Kepulauan dijadwal hari ini dari Surabaya ke Sumenep,” terang Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Sumenep, Nurul Hamzah, Kamis (2/4/2015).

Dijelaskannya, naskah soal UN itu nantinya akan disimpan di Gudang Disdik Sumenep sebelum didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara. Distribusi Kepulauan direncanakan dikirim lebih awal dengan menyesuaikan jadwal kapal, namun hingga saat ini, Disdik belum bisa memastikan distribusi naskah khususnya ke kecamatan Kepulauan akan dimulai.

”Kami masih perlu berkordinasi baik dengan Sekolah penyelenggara di Kepulauan, termasuk pihak-pihak terkait, seperti Syahbandar dan operator pelayaran karena harus menyesuaikan dengan jadwal kapal untuk Sekolah di Kepulauan,” ujarnya.

Sedangkan untuk sekolah penyelenggara di Kecamatan Daratan, direncanakan akan dikirim paling lambat H-2 pelaksanaan. ”Saat ini, naskah UN untuk Sekolah penyelenggar diwilayah Kecamatan Daratan belum dikirim, karena secara geografis lebih mudah dibanding daratan,” kata Nurul Hamzah.

Mantan Kepala SMP Negeri 1 Sumenep ini, menambah, naskah soal yang dikirim dari Provinsi ke Kabupaten atau Kota tidak disimpan di Gudang Mapolres sebagaimana tahun lalu, melainkan di Gudang Disdik karena Standar Operasional Prosedur (SOP) tidak sama.

Meski demikian Disdik tetap berkordinasi dengan Polres setempat, terkait pengamanan naskah soal tersebut. Sesuai jadwal, UN SMA-MA-SMK baik swasta maupun negeri di jadwal mulai 13 hingga 15 April 2015. Adapun jumlah peserta di Sumenep kurang lebih 10. 949 siswa.(rri)