- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/07/2015

Direkom Surya Paloh, Nasdem Sumenep Dukung Pasangan Busyro - Fauzi

lintasmaduranews - Partai Nasdem menyatakan mendukung pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep, A. Busyro Karim-Achmad Fauzi untuk maju dalam Pilkada setempat.

Dukungan tersebut disampaikan saat deklarasi pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep, A. Busyro Karim-Achmad Fauzi, Senin (27/07/15), dengan membacakan rekomendasi DPP Partai Nasdem yang ditandatangani Ketua Umum, Surya Paloh.

"Dengan turunnya rekomendasi DPP ini, berarti secara resmi Partai Nasdem mendukung pasangan Busyro - Fauzi dalam Pilkada 2015," kata Ketua DPD Partai Nasdem Sumenep, Azis Salim Sabibie.

Rekomendasi tersebut cukup mengejutkan beberapa pihak, mengingat sebelumnya, DPP Nasdem telah menurunkan rekomendasi yang menyatakan dukungan terhadap Moh. Sahnan dan Wafiqah Jamila sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Sumenep.

"Sebetulnya perubahan rekomendasi itu hal yang biasa. Karena pasangan yang direkom sebelumnya, yakni Moh. Sahnan dan Wafiqah Jamila, tidak bisa menunjukkan koalisi dengan partai lain. Berarti kan tidak memenuhi persyaratan," ujar Azis.

Menurutnya, peralihan dukungan tersebut merupakan upaya antisipasi DPP setelah pasangan yang direkom sebelumnya tidak memenuhi syarat. Apalagi DPW juga telah melakukan komunikasi dengan para pasangan calon.

"Kami kan memang mengusulkan dua pasangan calon, yakni Moh. Sahnan- Wafiqah Jamila dan A. Busyro Karim-Achmad Fauzi. Ketika yang satu tidak memenuhi syarat, ya wajar kalau kemudian DPP mengalihkan dukungan ke pasangan lain," ungkapnya.

Ia membantah jika perubahan rekomendasi DPP tersebut bersifat mendadak. Menurutnya, A. Busyro Karim memang pernah mendaftar ke Nasdem. "Kalau rekom itu turun tanggal 25 Juli, karena memang tanggal itu ada pertemuan internal Partai Nasdem. Jadi saya langsung ditelepon diminta mengambil rekomendasi baru yang menjatuhkan dukungan pada pasangan A. Busyro Karim - A. Fauzi," tandasnya.

Dengan demikian, pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep, A. Busyro Karim-Achmad Fauzi resmi diusung oleh tiga partai politik, yakni PKB, PDI Perjuangan, dan Nasdem.

Masa jabatan Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan Wakil Bupati Sumenep, Soengkono Sidik akan berahir pada Oktober 2015. Sesuai Peraturan KPU RI nomor 2 tahun 2015, Pilkada Sumenep akan digelar pada tanggal 9 Desember 2015.