- - - -
Facebook  Twitter  Google+

31/07/2015

Harga Sembako di Sumenep Naik

lintasmaduranews - Harga beras premium dalam kemasan 25 kilogram di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, mengalami penaikan dibanding pekan sebelumnya.

"Harga beras premium dalam kemasan 25 kilogram dengan merek 'Ikan Paus' naik dari Rp235 ribu menjadi Rp240 ribu," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep R Heni Yulianto di Sumenep, Kamis (30/72015).

Harga beras premium dengan merek "Lima Jaya Super" dan "Lima Jaya" juga naik, yakni Rp220 ribu menjadi Rp222.500 dan Rp195 ribu menjadi Rp210 ribu.

"Kenaikan harga beras premium dalam kemasan 25 kilogram itu pada kisaran Rp2.500 hingga Rp15 ribu," ujarnya.

Heni menjelaskan, penaikan harga beras premium tersebut diduga akibat pasokan berkurang yang disebabkan terjadinya kegagalan panen padi di sejumlah daerah, karena kekeringan.

"Itu sesuai informasi yang kami peroleh dari sejumlah pedagang besar di Pasar Anom Baru," katanya.

Sementara harga ayam kampung dan ayam broiler, turun, yakni dari sebelumnya Rp90 ribu perkilogram menjadi Rp80 ribu dan Rp37 ribu menjadi Rp32 ribu.

"Untuk harga daging sapi tetap tidak mengalami perubahan, yakni Rp110 ribu perkilogram. Selain daging sapi, harga sejumlah komoditas juga tetap, di antaranya harga gula pasir 'putih' Rp12 ribu, gula pasir 'agak kemerahan' Rp11 ribu," ujarnya.

Harga minyak goreng curah dan mentega curah juga terpantau tetap sejak awal pekan ini, yakni Rp11 ribu perkilogram dan Rp22 ribu.

Sementara harga cabai merah besar keriting Rp15 ribu perkilogram, cabai merah besar biasa Rp22 ribu, dan cabai kecil biasa Rp40 ribu.

Disperindag Sumenep memantau harga kebutuhan pokok di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding.