- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/07/2015

Pasangan Busyro - Fauzi Resmi Daftar Pilkada Sumenep 2015

lintasmaduranews - Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep 2015, A. Busyro Karim-Achmad Fauzi, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (27/7/2015).

Sebelum mendaftar, mereka menggelar ritual nyekar ke makam para raja Sumenep dan mantan Bupati Sumenep di Asta Tinggi yang berada di Desa Kebun Agung Kecamatan Kota Sumenep.

Di makam para raja tersebut, Busyro-Fauzi bersama pengurus partai pengusung dan puluhan pendukungnya, menggelar doa bersama. Doa bersama belangsung kurang lebih 30 menit.

Busyro menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan napak tilas kepemimpinan yang ada di Sumenep sebelum dirinya menjadi Bupati. Sebab, keberadaan para raja dan Bupati sebelumnya, memiliki peran penting dalam membangun Sumenep di masa kerajaan dulu dan sampai saat ini. Di kompleks pemakaman para raja tersebut, terdapat 35 makam raja dan 15 Bupati Sumenep disemayamkan.

Busyro berpendapat, nyekar ke makam para raja tersebut juga memberikan ketenangan jiwa untuk menjalani proses Pilkada Bupati yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Saya tidak mau mendahului takdir soal kemenangan. Namun berdasarkan prediksi dan hasil survey, kemenangan saya mencapai 70 persen lebih,” terangnya.

Busyro sendiri, saat ini masih menjabat sebagai Bupati Sumenep. Dia mencalonkan kembali karena memiliki misi untuk menuntaskan pembangunan yang tersisa di masa kepemimpinannya.

“Pembangunan infrastruktur menjadi agenda utama saja jika terpilih kembali untuk kedua kalinya. Sebab sebelumnya pembangunan yang saya lakukan mulai dari reformasi birokrasi, peningkatan pelayanan publik serta pembangunan infrastruktur,” tandasnya.

Usai deklarasi dan istighasah, pasangan A. Busyro Karim-Achmad Fauzi menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima langsung Sekretaris KPU Sumenep, Fajar Rahman, didampingi lima komisioner KPU.

"Hari kedua pendaftaran ini memang ada satu pasangan calon yang mendaftar, yakni A. Busyro Karim-Achmad Fauzi. Kelengkapan berkas-berkas pendaftaran pasangan calon itu langsung diteliti oleh tim kami," kata Komisioner KPU Sumenep, Abd. Hadi.

Ia memaparkan, KPU membuka pendaftaran cabup-cawabup selama tiga hari, mulai Minggu (26/7/2015) hingga Selasa (28/7/2015). Setiap hari, waktu pendaftaran dibuka hingga jam 16.00. "Untuk hari pertama kemarin belum ada yang mendaftar. Hari kedua ini ada satu pasangan calon," ujarnya.

Hadi menerangkan, setelah berkas pendaftaran pasangan Busyro - Fauzi diserahkan ke KPU, tim langsung melakukan pengecekan dan penelitian kelengkapan berkas-berkas sesuai syarat pendaftaran.

"Hasilnya, berkas-berkas untuk pasangan Busyro - Fauzi ini dinyatakan lengkap. Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi berkas-berkas pendaftaran pasangan calon," terangnya.

Masa jabatan Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan Wakil Bupati Sumenep, Soengkono Sidik akan berahir pada Oktober 2015. Sesuai Peraturan KPU RI nomor 2 tahun 2015, Pilkada Sumenep akan digelar pada tanggal 9 Desember 2015.