- - - -
Facebook  Twitter  Google+

17/08/2015

Basarnas Evakuasi Korban dan Black Box Trigana Air IL 257

lintasmaduranews - Puing pesawat Trigana Air IL 257 telah ditemukan di kampung Okbape, Pengunung Bintang, Papua. Kepala Basarnas, Marsekal Madya Pnb Soelistyo mengatakan ada dua hal yang menjadi sasaran Tim SAR dalam mengevakuasi pesawat yang jatuh.

"Dua hal yang menjadi sasaran evakuasi pesawat Trigana Air yaitu korban manusia dan pencarian black box pesawat," kata Soelistyo dalam jumpa pers di Base off Lanud Jayapura, Senin (17/8/2015).

Sampai sore ini, Tim SAR yang melakukan penyelusuran melalui jalan darat sudah mendekati titik jatuhnya pesawat. Besok, evakuasi akan dilakukan menggunakan helikopter milik PT. Freeport yang sudah stand by di Bandara Oksibil.

Tim SAR belum bisa mencapai lokasi akibat sulitnya medan dan cuaca ektrim. Pihak Basarnas sendiri telah menggerakkan 11 pesawat untuk membantu evakuasi korban Trigana tersebut yakni 3 pesawat Trigana, 2 Pesawat AMA, 1 Pesawat Susi Air, 2 Heli milik TNI-AD, 1 Heli Freeport, serta 2 Hercules milik TNI-AU.

Sementara jumlah personil yang ikut dalam evakusi sebanyak 266 personil terdiri dari TNI/Polri, Tim SAR, Satpol PP, BNPB dan masyarakat setempat. Untuk besok, Basarnas akan mendatangkan Tim Khusus yang beranggotakan 12 orang.

"Kami juga akan datangkan tim khusus yang berkemampuan khusus dalam evakusi di lokasi yang sulit," ujarnya.