- - - -
Facebook  Twitter  Google+

16/08/2015

Dapat Remisi, 6 Napi Lapas Umum Klas II Pamekasan Dipastikan Bebas

lintasmaduranews - Pada puncak peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke 70 Republik Indonesia, tahun 2015, sebanyak 6 orang napi, penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Umum Klas II Pamekasan yang saat ini 75 persen masih dihuni napi narkoba, dipastikan bebas setelah mendapatkan remisi, dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Kalapas Umum Klas II Pamekasan, Kusmanto Eko Putro mengatakan, dari 674 napi yang diusulkan, baru 456 napi yang mendapatkan remisi umum 1 dan 12 orang napi mendapatkan remisi umum 2, akan tetapi 6 orang diantaranya belum bisa langsung bebas karena harus menjalani hukuman subsidair.

“Per tanggal 15 Agustus yang sudah turun sebanyak 456 untuk remisi umum 1, sedangkan yang remisi umum 2 kita peroleh sebanyak 12 orang, namun untuk yang remisi umum 2 ini setelah kita periksa lagi ternyata ada subsidairnya, ada 6 orang yang harus menjalani subsidair,” tegas Kalapas Kusmanto Eko Putro, Sabtu (15/8/2015).

Rata-rata mereka yang terganjal hukuman subsidair ini, dijelaskan Kusmanto Eko Putro, mayoritas merupakan tahanan narkoba yang harus menjalani masa hukuman hingga 3 bulan lamanya, dengan nilai denda beragam, mulai dari Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar.

Sedangkan 6 orang napi lainnya yang dipastikan bebas setelah menerima SK Remisi umum 2, terdiri dari napi narkoba, kasus pelanggaran terhadap perlindungan anak, lakalantas dan napi kasus penggelapan.