- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/08/2015

Didukung 8 Parpol, Cabub Zainal Abidin Optimis Banyak Dapat Suara

lintasmaduranews - Calon Bupati Sumenep, Zainal Abidin, mengaku optimis mampu mendulang suara maksimal dalam Pilkada, dengan adanya 8 partai politik pengusungnya.

"Kalau saya kok masih optimis linieritas itu masih ada. Dengan banyaknya parpol pendukung, maka akan lebih besar pula suara yang bisa kami raup. Bahkan jumlahnya bisa parabolik atau lebih dari suara parpol pendukung. Karena ada suara-suara di luar partai yang juga simpati pada kami," kata Zainal Abidin, Kamis (27/08/15).

Pasangan cabup-cawabup Zainal Abidin (ZA) dan Dewi Khalifah diusung koalisi 8 parpol yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB. Sedangkan pasangan cabup-cawabup Busyro Karim dan Ahmad Fauzi, diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan didukung NasDem.

Apabila dihitung dari jumlah kursi di DPRD Sumenep, 8 parpol pengusung pasangan ZA-Dewi Khalifah mempunyai 35 kursi. Sedangkan parpol pengusung pasangan A. Busyro Karim-A. Fauzi 'hanya' mempunyai 15 kursi.

Sedangkan bila diprosentase total perolehan suara di panggung legislatif untuk 8 parpol pengusung ZA-Dewi Khalofah sekitar 65 persen, dan pasangan A. Busyro Karim-A. Fauzi 35 persen.

Namun ZA secara implisit mengakui bahwa angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan pasti. Masih ada kaidah akademik yang bisa digunakan seperti survei. Hanya saja ia masih optimis, 'gemuknya' jumlah partai pengusung juga menjadi modal untuk mendulang suara.

"Saya ingin menepis anggapan bahwa makin banyak partai akan makin sulit koordinasinya. Ini sering disebut-sebut sebagai hambatan untuk bekerja maksimal meraup dukungan. Tapi buat saya, masalah koordinasi itu kan masalah teknis. Tergantung bagaimana di intern kita ini menyikapinya," ucapnya sambil tersenyum.

Masa jabatan Bupati Sumenep, A. Busyro Karim-Soengkono Siddik akan berakhir pada Oktober 2015. Sesuai peraturan KPU RI nomor 2 tahun 2015, Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember 2015.