- - - -
Facebook  Twitter  Google+

22/08/2015

Kecamatan Nonggunong dan Gili Genting Masuk Zona Kekeringan

lintasmaduranews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menetapkan dua pulau sebagai zona kekeringan, yakni pulau Sapudi dan Pulau Gili Genting.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Syaiful Arifin menjelaskan, penetapan dua pulau sebagai zona kekeringan berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani oleh Bupati Sumenep A. Busyro Karim nomor 188/351/Kep.433/2015.

“Dikeluarkannya surat kepeutusan tersebut berdsarkan surat edaran dari BMKG musim kemarau sejak bulan Mei 2015 yang lalu. Sehingga sejak bulan Juni 2015 lalu pemerintah daerah telah melakukan pendataan dan juga pendistribusian air terhadap desa yang dilanda kekeringan,” jelasnya, Sabtu (22/8/2015).

"Pulau Sapudi yang ditetapkan sebagai zona kekeringa hanya satu kecamatan, yakni Kecamatan Nonggunong. Sedangkan di Kecamatan Gili Genting sebanyak empat desa, di Pulau Gili Raja," imbuhnya.

Sebagai bentuk keperdulian pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bersih lanjut Syaiful, pihaknya melalakukan pengiriman air bersih yang diambilkan dari pulau terdekat.

“Kecamatan Nunggunong suplai air bersih dipasok dari pulau terdekat. Kemudian Air tersebut didroping memakai mobil pick up. Satu kali kirim sebanyak 20 drigen dengan biaya sebesar Rp 150 ribu, kemudian air tersebut diberikan secara cuma-cuma bagi warga,” pungkasnya.