- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/08/2015

Korps Marinir Tanam 4.000 Bibit Terumbu Karang di Sumenep

lintasmaduranews - Korps Marinir melakukan penanaman bibit terumbu karang di kabupaten Sumenep, Madura yang di tempatkan di dua titik, yakni Pulau Gili Genting dan Pulau Gili Labak.

Mayor Marinir Anjas Wicaksono Putro Komandan Bataliyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya mengatakan, kegiatan ini bertemakan Save Our Litoral Life (Soull) yakni selamatkan terumbu karang sebagai biota laut. Karena Indonesia merupakan negara yang memilki terumbu karang terbaik nomor dua di dunia dan memiliki variatif terbanyak.

“Untuk di Sumenep kami tanam 4.000 bibit, dengan rincian 2000 bibit di Gili Genting Jum’at kemarin, dan sekarang 2.000 bibit di Gili Labak,” jelas pria yang sehari–harinya bertugas sebagai komandan sub sektor Madura di Pulau Gili Labak Sumenep, Sabtu (15/8/2015).

Kegiatan ini juga dilakukan serentak secara nasional lanjut Mayor Marinir Anjas di 22 titik, dan di prioritaskan di tiga wilayah yakni pulau We Sabang, Malalayang Menado dan di Ambon.

“Terumbu karang di Indonesia kan banyak yang rusak mas, karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti penangkapan ikan dengan bahan peledak. Ini bentuk kepedulian kami. Selain itu juga sebagai bentuk apresiasi kami pada peringatan HUT RI,” terangnya.

Sementara kegiatan penanaman bibit terumbu karang di awali dengan gelar pasukan untuk pelepasan para penyelam dan sekaligus upacara bendera di dalam laut. Penanaman dilakukan 100 meter dari pantai dengan kedalamannya 1,5 meter.

“Kami melibatkan 100 personil penyelam untuk melakukan penanaman, semenatar pasukan pendukung penyelam sebanyak 300 orang,” imbuhnya.

“Sementara untuk perawatan kami akan melakukan MoU dengan Pemkab dan akan melakukan pengecekan setiap 3 bulan sekali,” pungkas Mayor Marinir Anjas.

Sementara itu Wakil Bupati Sumenep Sungkono Sidik yaang turut hadir dalam kegiatn tersebut sangat mengapresiasi atas kepedulian TNI AlL Korps Marinir tersebut. Menurutnya, kegiatan itu sangat positif karena akan memperbaiki ekosistem laut.

“Saya sangat mengapresiasi sekali, dengan penanaman ini akan menjaga ekosistem atau biota laut kita, terumbu karang kan juga rumah bagi ikan, juga akan membuat nelayan kita senang,” ucap Wabup Sungkono.

Kedepan, pemkab akan membenahi pulau Gili Labak sebagai destinasi wisata Sumenep, seperti ketersediaan sarana dan prasarana serta transportasi.

“Kalu sudah jelas regulasinya kami akan melakukan banyak pembenahan untuk mengeksplor keindahan atau potensi wisata di pulau Gili Labak,” pungkas Wabup.

Sumber : rri