- - - -
Facebook  Twitter  Google+

29/08/2015

Mantan Presiden Sarankan Presiden Jokowi Salurkan BLT

lintasmaduranews - Mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono menilai saat ini daya beli masyarakat menurun dan menjadi salah satu pemicu menurunnya pertumbuhan ekonomi. Salah satu saran untuk pemerintahan Joko Widodo adalah bisa dengan mengeluarkan kebijakan bantuan langsung tunai (BLT).

SBY menilai program BLT bisa meningkatkan daya beli masyarakat. Dan jika daya beli masyarakat meningkat, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Bagaimana memberikan tindakan namanya stimulus. Rakyat menderita bagaimana, ya bantu, dengan berbagai macam-macam tindakan pro rakyat. Ekstrimnya kalau itu diperlukan itu bantuan langsung tunai. Tidak diharamkan," ujar SBY dalam kata sambutannya di acara Pleno Partai Demokrat di Hotel Grand Yasmin, Cipanas, Jawa Barat, Jumat (28/8/2015).

SBY berpendapat program BLT bisa diterapkan karena bisa menggerakan daya beli masyarakat. Pentingnya daya beli agar sektor riil terus bergerak dan tak mengalami kemendekan.

Kebijakan BLT bisa diterapkan bila memang dalam keadaan sulit dalam peningkatan pembelian barang dan jasa oleh rakyat kecil. Menurut SBY, kebijakan BLT juga dilakukan negara lain.

"Membantu rakyat kecil sedang susah, namanya bantuan langsung sementara masyarakat atau cash transfer itu tidak haram di negara lain juga terjadi. Dalam keaadan emergency, dan sulit kalau memang dibutuhkan," katanya yang disambut tepuk tangan para kader Partai Demokrat.