- - - -
Facebook  Twitter  Google+

16/08/2015

Marinir Tanam 2.000 Terumbu Karang di Pantai Bangkalan

lintasmaduranews - Kerusakan terumbu karang di wilayah perairan Bangkalan direaksi oleh 129 Pasukan Marinir (Pasmar) I Surabaya dengan melakukan penanaman 2.000 terumbu karang di kedalaman 4 meter perairan Desa Tengket, Kecamatan Sepulu, Sabtu (15/8/2015).

Kendati ombak besar, anggota Marinir yang dipimpin Wakil Komandan (Wadan) Pasmar I Surabaya Kolonel (Mar) Bambang Sutrisna, Asisten Personel Pasmar I Kolonel (Mar) Sumantri, Danlanal Batuporon Letkol (Mar) Purwanto dan Komandan Kesehatan sekaligus Ketua Baksos dan Penanaman Terumbu Karang, Letkol (Mar) Ketut Triwantoro, berjalan lancar.

"Kerusakan terumbu karang ini karena ulah kita. Maka dari itu harus segera diperbaiki. Menyelamatkan kehidupan pesisir berarti menyelamatkan kehidupan kita," ungkap Wadan Pasmar I Surabaya Kolonel Marinir Bambang Sutrisna.

Ia menjelaskan, kegiatan itu dilakukan serentak dengan menanam 1 juta terumbu karang di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

"Negara kita terdiri dari Kepulauan, 2/3 nya adalah wilayah laut dengan garis pantai terpanjang kedua dunia. Kita mencoba memperkuat sektor perikanan dengan memperbaiki terumbu karang sebagai habitat ikan," tandasnya.

Sementara itu, Bupati RK Moh Makmun Ibnu Fuad menyatakan, dalam waktu dekat akan memanggil seluruh nelayan di Bangkalan untuk mensosialisasikan bahaya penggunaan trawl saat menangkap ikan.

"Lebih bagus pakai pancing tonda, satu alat bisa berisikan 50 kail. Saya kira pancing tonda lebih tepat sasaran. Ikan-ikan kecil tidak terangkut jaring," singkatnya.