- - - -
Facebook  Twitter  Google+

23/08/2015

NU Gandeng UNICEF Deklarasikan Forum Ulama Peduli Gizi

lintasmaduranews - Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PP LKNU), para tokoh ulama, dan warga NU Kabupaten Brebes dengan menggandeng UNICEF mendeklarasikan Forum Ulama Peduli Gizi, Sabtu (22/8/2015). Kegiatan yang berlangsung di lantai 5 Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta ini mengambil tema 'Sharing Pengalaman Sosialisasi tentang Gizi dan Pencegahan Stunting'.

Deklarasi para tokoh agama ini dilakukan dalam rangka melaksanakan program pencegahan Stunting (bertubuh pendek dan fungsi kognitif terganggu) di Kabupaten Brebes. Kegiatan ini diikuti oleh 45 tokoh agama dari 5 Kecamatan di Kabupaten Brebes.

Menurut Supervisor Program Penanggulangan Stunting LKNU yang sekarang menjabat Sekreteris Umum PP Fatayat NU, Anggia Ermarini mengatakan, bahwa mengapa pihaknya merangkul Kabupaten Brebes dalam kegiatan, karena Indeks Kesehatan Masyarakat (IKM) di Kabupaten Brebes paling rendah di Provinsi Jawa Tengah.

“Dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah, Brebes peringkat ke-35 dalam hal kesehatan di masyarakat. Ini merupakan pilot project yang akan kita terapkan juga di 6 Kabupaten di luar Jawa,” ungkap perempuan yang akrab disapa Mbak Anggi ini.

Sebelum berkunjung ke PBNU, para peserta tersebut dilepas oleh Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti. Dalam pelepasannya, Bupati sangat berharap kepada para tokoh ulama untuk betul-betul menyosialisasikan program pencegahan stunting ini.

“Kenapa yang justru kita libatkan para tokoh ulama, karena ulamalah yang setiap omongannya diikuti dan dipatuhi oleh masyarakat sehingga menyadarkan masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat,” ujar Ketua PC Fatayat NU Brebes, Hj Mu’minah menirukan sambutan Bupati, Jum’at (21/8/2015) malam.

Dalam kesempatan ini, para tokoh ulama dan warga NU Brebes mendeklarasikan 3 butir kesepakatan dan komitmen pencegahan Stunting yang berisi sebagai berikut:

1. Membentuk Forum Ulama Peduli Gizi di Kabupaten Brebes.
2. Menjalin kerjasama dalam meningkatkan sosialisasi peningkatan gizi dan pencegahan stunting di masyarakat.
3. Bekerjasama dengan semua pihak untuk menyukseskan program pengurangan angka stunting di Kabupaten Brebes.

Kegiatan ini mendapat pengarahan dari Rais Syuriyah PBNU, KH Masdar Farid Mas’udi, serta dihadiri oleh Ketua PCNU Brebes, KH Athoillah, Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan RI, Doddy Izwardy, dan Chief of Social Policy UNICEF, Dr Petra Hoelscher.