- - - -
Facebook  Twitter  Google+

29/08/2015

Pantai Lombang Tercemar Kotoran Kuda

lintasmaduranews - Kotoran kuda yang bertebaran di pasir pantai wisata Lombang Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikeluhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lombang Bersatu. Pokdarwis menilai kotoran kuda tersebut menyebabkan lokasi tercemar dan bau.

"Saat ini keindahannya mulai tercemar mas, terutama di pinggiran pantai, ya banyak kotoran kudanya,” kata Penasehat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lombang Bersatu, Masdawi, Sabtu (29/8/2015).

Pihaknya sangat menyesalkan kehadiran kuda di wisata Pantai Lombang, sebab selain kotorannya mengganggu pemandangan juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga mengakibatkan banyak wisatawan yang terusik dengan bau kotoran kuda tersebut.

"Sebenarnya dengan adanya kuda memberikan nuansa tersendiri bagi para wisatawan, karena dengan menunggang kuda dianggap sangat mengasikan. Namun dengan adanya kotoran kuda itu sangat mengganggu, coba di kasih tempat sehingga tidak berjatuhan di pinggir pantai,” imbuhnya.

Masdawi yang juga anggota Komisi II DPRD Sumenep itu, meminta instansi terkait yakni Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, bertindak bijak menyikapi persoalan kehadiran kuda di kawasan Pantai Lombang.

Sementara itu, Kepala Bidang Budaya dan Pariwisata Disbudparpora Sumenep, Sukaryo mengaku, jika keberadaan kuda di kawasan wisata Pantai Lombang, atas seijin UPTD Disbudparpora Batang-Batang.

"Iya mas, tapi keberadaan kuda di pantai Lombang itu sudah mendapat ijin dari UPTD Disbudparpora Batang-Batang," jelasnya.

Namun, lanjut Karyo, karena menjadi daya tarik tersendiri, ke depan untuk kuda pihaknya berencana akan menjadikan satu paket dikawasan Pantai Lombang.

"Insya Allah tahun depan, setiap pengunjung atau wisatawan di Pantai Lombang, ketika beli tiket masuk akan secara otomatis akan mendapat fasilitas naik kuda. Sementara untuk masalah kotoran kuda itu akan diatasai dengan menambah petugas kebersihan," pungkasnya.