- - - -
Facebook  Twitter  Google+

24/08/2015

Polres Bangkalan Tangkap Dua Pick Up Bermuatan 150 Liter Solar Bersubsidi

lintasmaduranews - Polres Bangkalan berhasil menangkap dua Pick Up yang sedang mengangkut puluhan jeriken berkapasitas 150 liter solar bersubsidi usai membeli dari SPBU di Kecamatan Tanah Merah, Minggu (23/8/2015).

Penangkapan dua Pick Up tersebut merupakan hasil pemantauan Satreskrim dalam beberapa minggu terkahir.

"Kami mendapati laporan ada kegiatan pengisian solar bersubsidi," ungkap Kasatreskrim Polres Bangkalan AKP Andy Purnomo.

Hasil pemeriksaan kepada salah seorang sopir Pick Up bernopol M 9300 HA mengaku solar bersubsidi itu akan dipasok untuk kebutuhan alat berat atau eksavator.

"Solar tidak dipergunakan sesuai peruntukan semestinya. Karena alat berat itu termasuk industri, tidak boleh pakai olar bersubsidi," jelasnya.

Kendati demikian, polisi tidak lantas menahan para sopir lantaran terbentur dengan pasal pengecualian yang terpisah dari KUHP.

"Ancaman pidananya tertera 5 tahun namun tidak ditahan. Memang ada pengeculian untuk beberapa pasal misalnya tentang penggelapan. Meski di bawah 5 tahun, pelaku bisa langsung ditahan," jelas dia.

Ia menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti dengan memeriksa para sopir dan melakukan penyitaan terhadap dua pikap pengangkut solar bersubsidi.

"Nantinya jika ditemukan ada unsur kerjasama antara penjual dan pembeli BBM bersubsidi, bisa dijerat hukum," pungkasnya.