- - - -
Facebook  Twitter  Google+

25/08/2015

Polres Pamekasan Belum Tetapkan Tersangka Kasus Raskin Bujur Timur

lintasmaduranews - Polres Pamekasan, Madura, Jawa Timur, telah memeriksa saksi-saksi kasus dugaan penyelewengan Raskin di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, namun hingga kini polisi belum menetapkan satupun tersangka dalam kasus tersebut.

Pihaknya beralasan, bahwa kasus yang ditangani tim penyidik Polres Pamekasan saat ini masih dalam penyelidikan dan pemanggilan saksi-saksi. Padahal, penangakapan terhadap sopir truk berinisial J yang kedapatan tengah mengangkut Raskin berikut mengamankan barang bukti berupa Raskin berkisar 4 ton dilakukan pada Sabtu (22/82015) lalu.

“Untuk penetapan ke arah tersangka masih kita lakukan penyelidikan. Kita masih memeriksa saksi-saksi untuk dimintai keterangan,” dalih Kasubag Humas Polres Pamekasan, Iptu Ruslan Hidayat, kepada wartawan.

Dalam kasus ini tim penyidik sudah memeriksa 5 saksi, yakni Kepala Desa Bujur Timur, koordinator lapangan (korlap) Raskin kecamatan dan tiga orang penemarima manfaat di desa tersebut. Pemeriksaan terhadap Kepala Desa kata Ruslan, dilakukan hingga memakan waktu lama.

“Saya tidak tahu, penetapan tersangka terserah tim penyidik itu. Sementara, (lima orang) yang dimintai keterangan,” jelas Ruslan.

Menurut Ruslan, penyelidikan dalam kasus ini tidak hanya meminta keterangan dari saksi-saksi yang sudah dipanggil. Melainkan terus berupaya memanggil saksi-saksi lain.

“Pokoknya yang dipanggil itu yang terkait dengan raskin, yang perlu dimintai keterangan,” terangnya.

Sebelumnya, kepolisian mengamankan truk pengangkut Raskin yang diduga kuat hendak diselewengkan, pada Sabtu (22/08/2015) dini hari. Tidak hanya truk, sopir truk berinisial J warga Dusun Kadur Barat, Desa Kadur, Kecamatan Kadur, turut diamankan.

Menurut Ruslan, truk tersebut berasal dari rumah kepala Desa Bujur Timur, yang rencananya akan diantarkan ke rumah kepala dusun setempat. Dugaan kuat lainnya, yakni karung Raskin sudah diganti dengan karung pakan ayam.

“Dugaan akan diselewengkan, buktinya karung beras itu sudah diganti, sudah dioplos dengan karung pakan ayam,” bebernya.

Raskin yang diamankan di Polres Pamekasan berkisar 4 ton. Saat ini, Sopir beserta barang bukti truk dan berasnya di amankan di Mapolres Pamekasan unuk penyelidikan lebih lanjut.

Sumber : mediamadura