- - - -
Facebook  Twitter  Google+

25/08/2015

PT Gudang Garam Patean Beli Tembakau Rp.42 Ribu Per Kilogram


lintasmaduranews - PT Gudang Garam gudang yang berada di Desa Patean, Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai membuka pembelian tembakau petani. Pada hari pertama harga tembakau mencapai Rp 42 ribu per kilo.

"Target pembelian kami 1600 ton. Sama seperti tahun lalu. Ya mudah-mudahan target itu bisa terpenuhi," kata Wakil kuasa pembelian tembakau PT Gudang Garam Kediri, gudang Patean Sumenep, Freddy Kustianto, Senin (24/08/15).

Ia memaparkan, kualitas tembakau tahun ini diperkirakan lebih bagus dari tahun sebelumnya. Terbukti harga yang ditetapkan pabrikan juga lebih tinggi.

 "Tahun ini kami membuka harga pembelian tembakau paling rendah Rp 24 ribu, paling tinggi Rp 42 ribu. Kalau tahun lalu paling rendah Rp 22 ribu, paling tinggi Rp 37 ribu. Berarti untuk tahun ini kan ada penyesuaian harga dengan mutu tembakau," ujarnya.

Menurut Freddy, saat hari pertama buka gudang, tembakau petani yang masuk sudah mencapai harga Rp 42 ribu. Apabila cuaca bertahan tanpa hujan, ia memprediksi harga tembakau bisa mencapai Rp 46 ribu per kg.

"Ya mudah-mudahan saja tidak turun hujan sampai selesai panen. Saya kira harga akan bisa lebih tinggi lagi dan mencapai kualitas istimewa," ungkapnya.

Ia menambahkan, hari pertama buka gudang, tembakau yang masuk sebagian besar merupakan tembakau dari Prancak Pasongsongan, dan dari wilayah Sampang Utara. "Yang jelas kami memang hanya membeli tembakau gunung dan tegal gunung. Bukan tembakau sawah," ucapnya.