- - - -
Facebook  Twitter  Google+

23/08/2015

Terapkan Eksktrakurikuler Wajib, SMPN 1 Sumenep Gelar Persami

lintasmaduranews - Sekolam Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sumenep, menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di Lapangan GOR Ayani Sumenep, yang dimulai sejak Sabtu (22/8/2015) pukul 15.00 WIB hingga Minggu (23/8/2015) pukul 12.00 WIB.

Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Sumenep, Suparman, S.Pd mengatakan, tujuan dilaksanakannya Persami tersebut untuk merealisasikan kurikulum 2013 khususnya materi ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang dilaksanakan dengan menggunakan tiga model yaitu Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler.

" Persamiini dilaksanakan dalam rangka merelisasikan kurikulum 2013 terkait ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang pelaksanaannya diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Untuk SMP kan dilasankan selama 36 Jam dan rutin setiap tahun," katanya.

Ia menambahkan dengan memberikan materi ekstrakurikuler dengan tiga model tersebut, siswa nantinya tidak canggung mengenai keadaan lingkungan, baik saat masih berstasus siswa maupun setelah lulus untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

"Kami tanamkan materi kepramukan model blok ini, nantinya diharapkan siswa mudah menyesuaikan diri dengan lingakungan baik sekarang ataupun nanti setelah lulus sehingga tidak terlihat canggung dalam menghadapi keadaan," tambahnay.

Persami ini, tambahnya, selain merealisasikan materi wajib kepramukaan, juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka ke-54.

Sementara itu, salah satu peserta perkemahan, Annisa Aisya Istikfa kelas IX-4 mengatakan, banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam Persami tersebut, mulai dari upacara pembukaan hingga sayonara.

"Sejak sore kemarin, ada upacara pembukaan, yel-yel, shalat berjemaah, makan malam, pawai obor, api unggun, kembanga api, pentas seni," paparnya.

"Selain itu, ada renungan malam. Nah, waktu renungan malam ada peserta perkemahan yang nangis, ya termasuk saya," kata Fira Salsabila, teman kelas Annisa.

Gezela Safiana Agustin, yang merupakan teman kelas Annisa dan Fira menambahkan, siang harinya dilaksanakan berbagai macam lomba.

"Tadi dari pagi hingga jelang siang ada lomba-lamba, yaitu lomba bola piring, bola paralon, halang rintang, arah mata angin, Terus upacara penutupan dan pengumuman-penguman dari Kakak Pembina," katanya.

Hal serupa juga disampaikan peserta lainnya, seperti Arif Fahrur Roziki kelas IX-10, Andin dan Wulan kelas IX-8.

Saat ditanya terkait senang dan tidaknya ikut kegiatan Persami yang dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sumenep, Drs. H. Moh. Sadik, M.Si tersebut, Annisa mengatakan senang karena banyak pengetahuan yang didapat dan ada juga rasa tidak senangnya.

"Senangnya ya banyak pengetahuan yang saya dapat yang sebelumnya saya belum ketahui. Tidak senangnya ya tidur di lapangan," paparnya sambil tersenyum manis, saat hendak pulang bersama kedua temannya.

Pantauan lintasmaduranews, setelah pembina Pramuka mengumumkan pemenang lomba di hadapan peserta Persami, semua peserta diberi aba-aba balik kanan dan diperintah membersihkan sampah-sampah di lokasi perkemahan.

Setelah itu, peserta diperintah berbaris lagi di depan Posko Pembina untuk bersalaman dan pamimat sesama peserta dan pembina dengan diiringa lagu istighfar.