- - - -
Facebook  Twitter  Google+

16/09/2015

127 Orang Tersangka dan 10 Perusahaan Terlibat Kasus Pembakaran Hutan

lintasmaduranews -Polri bertindak tegas dalam kasus kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Indonesia. Sedikitnya ada 10 perusahaan yang terlibat. Polisi juga sudah menetapkan 127 orang menjadi tersangka.

"Tersangkanya ada 127 orang, kemudian korporasi ada 10," ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Bandara Halim Perdanakusumah, Jaktim, Selasa (15/9/2015).

Badrodin menyebut 10 perusahaan tersebut berada di wilayah Sumsel, Riau, Kalbar dan Kalteng. 10 perusahaan itu adalah PMH, RPP, RBS, LIH, MBA, GAP, ASP, KAL, RJP dan SKM.

"(Ada) perusahaan asing tapi bisa saja pemagang sahamnya orang Indonesia," imbuhnya.

Badrodin menjelaskan sejumlah tersangka mengakui sengaja membakar hutan. Ada juga yang tidak mengakui, tapi bisa disebut melakukan pembiaran.

"Tentu kita tetapkan tersangka sudah ada dasarnya. Kalau misalnya tahun lalu terbakar, tahun ini juga terbakar berarti memang dalam ketentuan undang-undang dia harus mempersiapkan perlengkapan dan masalah yang terkait dengan personel yang bisa memadamkan api. Kalau memang itu harus dipenuhi kalau nggak bisa disalahkan, pembiaran. Kewajiban-kewajiban dia gak dilaksanakan," paparnya.