- - - -
Facebook  Twitter  Google+

21/09/2015

Bawaslu Waspadai Paslon Incumbent Manfaatkan Fasilitas dan Uang Negara

lintasmaduranews - Bawaslu mewaspadai pasangan calon (Paslon) Incumbent berpotensi manfaatkan fasilitas dan uang negara untuk Kampanye. Karenanya, Bawaslu akan melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Incumbent, diantaranya Paslon Incumbent di Kabupaten Malang.

"Indeks kerawanan yang kita rumuskan untuk paslon Incumbent diantaranya poteni penyalahgunaan wewenang, potensi penyalahgunaan fasilitas dan anggaran negara," ungkap Ketua Bawaslu RI, Mohammad di sela sela kunjungannya ke kantor Panwasli Kabupaten Malang, Senin (21/09/2015) siang.

Menurutnya, Paslon Incumbent berpotensi melakukan penyalahgunaan wewenang, berpotensi melakukan penyalagunaan fasilitas dan anggaran negara untuk kampanye. Karenanya, akan dilakukan pengawasan ekstra bagi pasangan calon Bupati Incumbent.

Kendati demikian, Bawaslu berharap pasangan Calon Bupati Incumbent menaati aturan yang berlaku dan memahami kapasitasnya dalam melakukan kampanye, sehingga pesta demokrasi bisa berjalan fair dan sportif.

"Regulasi positif incumbent tidak harus mundur tetapi cuti saat kampanye sehingga Bawaslu akan melakukan pengawasan ekstra ketat, tapi harus mengetahui kapasitasnya," terangnya.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi kerawanan kecurangan Bawaslu sudah kokrdinasi dengan peserta pemilu, stake holder dan perguruan tinggi termasuk pelaku media.