- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/09/2015

Buka Acara Forikan, Busyro Karim Bagi-Bagi Duit

lintasmaduranews - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep, menggelar kegiatan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di Pantai Slopeng, Dasuk, Rabu (9/9/2015).

Dalam kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) itu, diikuti sebanyak 250 peserta, Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Lele diikuti 64 peserta, serta Lomba Mewarnai Tingkat PAUD dan TK diikuti 205 peserta.

Pantauan Berita Fajar di lokasi, Bupati Sumenep, KH A Busyro Karim, tiba di lokasi acara berkisar pukul 10:16 WIB didampingi istrinya, Ny Nurfitriana Busyro Karim dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sumenep.

Sebelum membuka acara, Busyro Karim yang kini menjadi calon Bupati Sumenep priode 2016-2021 berpasangan dengan Ahmad Fauzi (Busyro-Fauzi), menemui ratusan peserta Lomba Mewarnai Tingkat PAUD dan TK.

Busyro Karim membagi-bagikan snack dan uang sebesar Rp 5 ribu kepada masing-masing peserta lomba mewarnai itu. Para peserta terlihat gembira setelah diberi uang dan makanan ringan oleh bupati. Busyro Karim ketika memberikan uang didampingi istrinya, Nyi Nurfitriana. Bukan dengan Wakil Bupati Sumenep, Ir H Soengkono Sidik. Sebab, ia tidak hadir dalam acara itu.

Dalam sambutannya, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumenep Ny. Nurfitriana Busyro Karim mengajak seluruh masyarakat Sumenep untuk gemar mengkonsumsi ikan. Diakuinya, konsumsi ikan sangat penting karena memiliki kandungan gizi bagus bagi tubuh manusia.

“Dengan kegiatan sosialisasi Gemarikan yang dilaksanakan di Pantai Slopeng ini, diharapkan mampu menggugah hati masyarakat, agar gemar makan ikan,”ungkapnya.

Dikatakan, sebenarnya kegiatan sosialisasi gemar makan ikan tidak hanya dilaksanakan di wilayah pesisir saja. Tetapi, di daerah yang jauh dari pantai juga pernah dilaksanakan, seperti di Kecamatan Ganding.

Dijelaskan, beberapa manfaat dengan mengkonsumsi ikan laut, seperti untuk menjaga keseimbangan tubuh, mencegah kebutaan pada anak, serta kandungan gizi, zat azam, vitamin, dan lain-lain.

Sementara, Bupati Sumenep A Busyro Karim menegaskan, ikan laut memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Bahkan, lanjutnya, di dalam al-Quran memiliki penjelasan tersendiri seperti bangkai ikan halal di makan. “Hanya bangkai ikan yang boleh di makan. Itulah salah satu kelebihan dari ikan laut,” ujar Busyro Karim.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep Ir. M. Jakfar, MM mengungkapkan, dilaksanakannya kegiatan ini untuk mendorong pertumbuhan kualitas sumber daya manusia.

“Secara medis, mengkonsusmi ikan dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan. Termasuk juga, upaya meningkatkan budidaya ikan lele, agar Sumenep mampu terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta ketahanan pangan generasi emas Indonesia 2050,” terangnya.