- - - -
Facebook  Twitter  Google+

21/09/2015

Bupati Bangkalan Digugat Rp.1 Miliar

lintasmaduranews - Bupati Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Muh Makmun Ibnu Fuad digugat 1 Miliyar oleh Aliman Harist karena Makmun tidak segera melantik komisioner Komisi Informasi (KI) terpilih sejak 3 bulan yang lalu.

Mulai Selasa (22/9/2015) besok Pengadilan Negeri (PN) setempat mulai menyidangkan gugatan Aliman Harist.

Kuasa hukum penggugat, Fachrillah, gugatan dialamatkan kepada Bupati Bangkalan dan gugatan tesebut terdaftar pada perkara No.9/Pdt.G/2015/PN.Bkl.

"Digugat karena tidak segera melantik penggugat sebagai salah satu komisioner KI Bangkalan terpilih," ungkapnya, Senin (21/9/2015).

Ia menjelaskan, seharusnya Aliman dan empat komisioner KI lainnya sudah dilantik sejak Juli 2015 lalu. Berdasarkan proses fit and propertes yang telah dilakukan anggota DPRD Bangkalan.

"Sudah diseleksi oleh tim bentukan Pemkab. Lalu sudah jalani proses seleksi akhir di gedung rakyat. Kenapa setelah terpilih kok Bupatinya tidak mau melantik. Ini ada sesuatu yang janggal," tanya Fahri.

Ditegaskan Fahri, gugatan yang diajukan Aliman berupa kerugian material dan inmaterial dalam pasal 1365 KUH. Perdata. Gugatan material Rp10 juta sedangkan inmaterial sebesar Rp1 miliar.

"Seharusnya bupati segera melantik dan mengambil sumpah penggugat agar tergugat atau bupati Bangkalan tidak melawan hukum yang dapat merugikan hak hak orang lain," ujarnya.