- - - -
Facebook  Twitter  Google+

24/09/2015

FK-Pontren dan Himasa Lanjutkan Tradisi Rias Sapi Kurban

lintasmaduranews - Warga Sampang, Madura, Jawa Timur, merias sapi yang hendak dijadikan korban. Sepasang sapi diselimuti kain putih, dikalungi bunga dan diiringi bacaan shalawat.

Merias sapi kurban merupakan tradisi yang hampir punah di kota Sampang. Oleh karena itu Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FK-Pontren) setempat kembali mengangkat tradisi tersebut.

Fatimah salah satu pengurus FK-Pontren mengatakan, diangkatnya tradisi yang mulai terlupakan ini sebagai bentuk mengingatkan dan mempertahankan warisan leluhur.

"Kita kan kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Sampang (Himasa) dan pihak lain untuk berkurban, jadi kita juga mengenalkan tradisi nenek moyang," kata Fatimah, Kamis (24/9/2015) siang.

Lanjut Fatimah, dalam momen Idul Adha, pihaknya juga mengajak generasi muda untuk bisa berbagi dengan sesama salah satunya melalui berkurban, sebab hal ini juga telah diajarkan oleh Islam.

"Alhamdulillah tahun ini kita bisa berkurban lagi, saling berbagi dengan masyarakat. Tahun ini dua sapi semoga tahun depan bisa lebih," imbuhnya.

Dirinya berharap, berbagi daging kurban ini besa terus berkesinambungan setiap tahunnya dalam hari raya Idul Adha. Sehingga rasa saling membantu terus tumbuh di tengah masyarakat.