- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/09/2015

Inilah Hasil Kunjungan Presiden Jokowi ke 3 Negara

lintasmaduranews - Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja tiba di DKI Jakarta, Indonesia setelah melakukan kunjungan kenegaraan selama 5 hari. Rencananya Jokowi akan langsung menyampaikan hasil dari kunjungan ke 3 negara Timur Tengah.

Pesawat Kepresidenan BBJ2 mendarat di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pukul 22.45 WIB, Selasa (15/9/2015). Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Mendag Thomas Lembong, dan Seskab Pramono Anung.

Ada pun tiga negara yang dikunjungi sejak Jumat (11/9) adalah Arab Saudi, Persatuan Emirat Arab (PEA), dan Qatar. Dalam kunjungan tersebut Indonesia menghasilkan sejumlah kesepakatan bilateral hingga peluang investasi didapatkan dari kunjungan kali ini.

Di Arab Saudi, Indonesia menyepakati kerja sama di bidang pertahanan. Selain itu, perusahaan minyak Arab Saudi yakni Aramco juga akan bekerja sama dengan Pertamina.

Kemudian di PEA, kerja sama di bidang kelautan terjalin dengan akan adanya pembangunan pelabuhan di Tanjung Siapi-api bersama Port Dubai World. Ada pula Dubai Alumunium dan TechnoPark yang siap survey ke Indonesia untuk berinvestasi. Selain itu juga ada Lulu Hypermart yang siap menjual hasil pertanian dan produk pangan asal Indonesia lainnya di seluruh cabang yang tersebar di kawasan timur tengah dan sekitarnya.

Selanjutnya oleh-oleh dari Qatar yang dibawa Jokowi adalah kerja sama pembangunan listrik antara Nebras dengan PLN. Bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas juga disepakati.