- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/09/2015

Iran Tuntut Arab Minta Maaf atas Kematian Jemaah Haji

lintasmaduranews - Iran menuntut Arab Saudi agar meminta maaf atas insiden maut di luar kota suci Mekkah yang menewaskan 769 orang dalam musim haji tahun ini.

Ayatollah Ali Khamenei mengatakan pada hari Minggu (27/9) dalam sebuah pernyataan di situs internetnya, "Saudi harus bertanggung jawab dan meminta maaf kepada umat Islam dan keluarga korban.. Masalah ini tidak akan dilupakan dan negara-negara akan mengejarnya dengan serius... Dunia Islam punya banyak pertanyaan. "

Ibadah tahunan ini berakhir tanpa insiden pada hari Sabtu.

Menteri Kesehatan Saudi Khalid al-Falih mengatakan hari Sabtu bahwa 934 cedera Kamis akibat terinjak-injak di Mina. Sejauh ini diidentifikasi korban tewas terbanyak adalah warga Iran, 136 orang. Stasiun televisi pemerintah Iran melaporkan lebih dari 300 warga Iran masih hilang, termasuk mantan duta besar Iran untuk Lebanon.

Iran menuduh Arab Saudi melakukan "kejahatan" dan tidak kompeten, serta bertekad mengambil tindakan hukum ke mahkamah internasional. Pemimpin-pemimpin Iran menilai, Kerajaan Saudi tidak mampu lagi mengelola ibadah yang diikuti lebih dari dua juta orang setiap tahun itu.