- - - -
Facebook  Twitter  Google+

04/09/2015

Kepala Kemenag Siapkan Asrama CJH Asal Kepulauan


lintasmaduranews - Pihak Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep akan berkoordinasi dengan Pemkab setempat untuk mencari solusi terkait Asrama atau tempat penampungan calon jemaah haji (CJH) asal Kecamatan Kepulauan. Pasalnya, tiap tahun CJH Pulau itu terpaksa harus menyewa tempat penginapan atau hotel bersama pengantarnya menunggu pemberangkatan.

”Memang setiap musim haji, para jemaah khususnya asal Kepulauan, terpaksa harus menginap di rumah saudaranya di daratan atau menyewa tempat penginapan dengan biaya sendiri karena tidak ada fasilitas khusus untuk penginapan,” kata Kepala Kemenag Sumenep, Moh Sodik, Jum’at (4/9/2015) siang.

Menurut Sodik, instansinya tidak memiliki tempat khusus penampungan sementara bagi CJH asal Kepulauan yang akan berangkat ke tanah suci. Islamic Center yang direncanakan dapat menjadi tempat penginapan calon atau jemaah haji bersama pengantar belum dapat dimanfaatkan.

”Namun, kami akan berupaya berkomunikasi dengan Instansi Tekhnis di Pemkab supaya CJH asal Pulau dan pengantarnya disiapkan tempat penginapan, apalagi mereka sebagian besar berangkat lebih awal,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumenep asal Pulau Kangean, Muhklis meminta Pemkab supaya memperhatikan CJH asal Kepulauan agar disiapkan tempat khusus atau asrama selama di daratan. Setiap musim haji, CJH asal Kepulauan memilih menginap di rumah saudaranya di daratan, masjid agung atau menyewa penginapan, bahkan hotel dengan biaya sendiri sebab tidak ada tempat khusus berupa penginapan dan peristirahatan yang disiapkan Pemkab.

”Sudah semestinya, Pemkab dan Instansi terkait termasuk Kemenang memerhatikan masalah tersebut, karena tidak adanya tempart penginapan jemaah haji adalah keluhan lama bagi masyarakat pulau,” tandasnya.