- - - -
Facebook  Twitter  Google+

21/09/2015

Komisi I DPRD Sampang Rekomendasikan Pilkades 4 Desa Ditunda

lintasmaduranews - Komisi I DPRD Kabupaten Sampang merekomendasikan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) terhadap empat desa, di antaranya Desa Batu Poro Barat Kecamatan Kedungdung, Desa Patapan Kecamatan Torjun, Desa Tolang dan Nagasareh Kecamatan Banyuates.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sampang Mohammad Hodai mengatakan, rekomendasi tersebut dilakukan sebab tahapan Pilkades pada empat desa tersebut menuai kendala dan persoalan.

"Desa yang penetapannya tidak mengacu kepada Perda dan Perbup, ada intimidasi, diskriminasi kepada calon yang tidak diloloskan oleh P2KD sampai saat ini belum ada penyelesaian dari Pemkab," kata Hodai, Senin (21/9/2015).

Pandangan Komisi I atas persoalan tersebut, kata Hodai, Pemkab Sampang cenderung melimpahkan kepada Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika). Sementara Muspika juga tidak berani menyelesaikan persoalan sebelum ada keputusan Pemkab.

"Untuk meminimalisir gesekan ditingkat desa, kami harapkan agar Pilkades di 4 desa ini ditunda," jelasnya.

"Jika tetap dilanjutkan, kami mempertanyakan dasar hukum dalam pemutusan tahapan Pilkades itu. Kami juga tidak akan membahas dan pengesahkan anggaran khsusnya persoalan yang berkenaan dengan mitra kerja Komisi I," tegas Hodai.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sampang Putut Budi Santoso sebelumnya menyatakan, bagi desa yang bermasalah dalam tahapan penetapan Calon Kades, sebelum memutuskan, pihaknya akan memanggil P2KD setempat.

Pilkades serentak di Kabupaten Sampang dijadwalkan digelar 28 Oktober 2015 pada 109 desa dengan 207 calon Kepala Desa.