- - - -
Facebook  Twitter  Google+

08/09/2015

KPU Sumenep Sosialisasi Tahapan Pilkada

lintasmaduranews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur baru melakukan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ke Kecamatan-kecamatan.

"Sosialisasi Pilkada kita lakukan setiap hari kepada penyelenggara Pilkada di tingkat PPK, PPS, dan organisasi kepemudaan. Hari ini di Kecamatan Kota Sumenep dan Manding,”kata Komisioner KPU Sumenep, Abd. Hadi, Senin (07/9/2015).

Ia menuturkan, materi dalam sosialisasi itu di antaranya tentang siapa saja yang berhak memilih, kampanye yang diperbolehkan, dana kampanye dan tata cara penggunaan hak suara, hingga penghitungan suara.

Sosialisasi unuk pemilih pemula pemula dan penyandang disabilitas, KPU menggandeng organisasi kepemudaan di antaranya Ikatan Pelajar Nahadlatul Ulama, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesiam Himpunan Mahasiswa Islam dan Komite Nasional Pemuda Indonesia.

“Kami sengaja menggandeng organisasi kepemudaan, karena nantinya mereka akan menyisir ke wilayah-wilayah yang ada pemilih pemula dan disabilitas,”terangnya.

Pilkada di Sumenep diikuti dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, yakni  A Busyro Karim-Ahmad Fauzi, nomor urut satu (1), diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan, dan NasDem, sedangkan pasangan Zainal Abidin-Dewi Khalifah, nomor urut dua (2) diusung 8 parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB. Sementara pelaksanaan pilkada serentak sesuai peraturan KPU Nomor 2 tahun 2015, dijadwalkan tanggal 9 Desember mendatang.