- - - -
Facebook  Twitter  Google+

03/09/2015

Memilukan, Bocah Migran Mati Terdampar di Pantai Turki

lintasmaduranews - Media sosial dihebohkan dengan foto seorang bocah yang tewas terdampar di salah satu pantai Turki. Foto memilukan itu memperlihatkan nasib tragis para migran yang menempuh segala cara untuk mencari kehidupan yang lebih baik, namun justru menemui ajalnya.

Foto itu muncul setelah 12 warga Suriah diduga tewas di laut saat dalam perjalanan ke Pulau Kos di Yunani. Demikian dilansir Reuters, Kamis (3/9/2015).

Foto itu memperlihatkan seorang bocah kecil memakai kaos merah dan celana pendek tergeletak di pinggir pantai dekat resor di Bodrum. Foto kedua memperlihatkan seorang polisi membawa jasad bocah itu.

Media Turki mengidentifikasi bocah tersebut sebagai Aylan Kurdi (3) yang berada di kapal bersama kakaknya yang berusia 5 tahun. Dia disebut berasal dari kota Kobani yang ada di sisi utara Suriah. Kota itu dekat dengan perbatasan Turki yang menjadi lokasi pertempuran antara pemberontak ISIS dan Kurdi beberapa bulan lalu.

Tagar 'KiyiyaVuranInsanlik' atau 'kemanusiaan yang terdampar' menjadi trending topic di Twitter. Dalam beberapa jam saja, foto itu sudah di-retweet ribuan kali.

Pejabat senior di angkatan laut Turki mengungkapkan bahwa dua kapal yang membawa 23 orang berangkat terpisah dari area Akyarlar yang ada di Semenanjung Bodrum. Jumlah korban yang dipastikan tewas termasuk 5 anak dan 1 perempuan.

Tujuh orang diselamatkan dan dua lainnya mencapai pantai dengan menggunakan jaket pelampung. Pejabat setempat mengatakan bahwa harapan untuk menyelamatkan 2 orang yang masih hilang sudah tipis.

CEO Save the Children, Justin Forsyth mengatakan bahwa foto yang tragis ini sangat mengejutkan dan menjadi pengingat akan bahaya bagi anak-anak dan keluarga yang sedang mencari kehidupan yang lebih baik.

"Nasib anak-anak ini harus menjadi perhatian dan desakan bagi Uni Eropa untuk bersama-sama menyetujui rencana untuk mengatasi krisis pengungsi," ujar Forsyth.

Puluhan ribu warga Suriah melarikan diri dari perang di tanah air mereka dan sudah mencapai Pantai Aegean di Turki pada musim panas ini. Mereka kemudian naik perahu ke Turki yang merupakan gerbang menuju Eropa.

Pejabat Turki mengatakan bahwa hampir 100 orang sudah diselamatkan oleh kapal Turki semalam ketika mereka mencoba untuk mencapai Pulau Kos. Sejumlah badan bantuan memperkirakan bahwa selama bulan lalu, ada 2000 orang per hari yang sudah menyeberang ke pulau-pulau bagian timur Yunani dengan menggunakan perahu karet.