- - - -
Facebook  Twitter  Google+

13/09/2015

Menteri BUMN Berencana Bangun Pabrik Tebu di Madura

lintasmaduranews - Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan panen tebu, di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yakni di Desa Tlanakan, Sabtu.

Rini tiba di lokasi penanaman tebu di Desa Tlanakan sekitar pukul 11.00 WIB dengan mengendarai mobil warna hitam bernomor polisi L 1802 PB.

Setiba di lokasi perkebunan tebu, Menteri selanjutnya melakukan panen didampingi Bupati Pamekasan Achmad Syafii dan Bupati Sampang Fanan Hasib.

Luas keseluruhan lahan tebu yang secara simbolis dipanen oleh Menteri BUMN Rini Soemarno ini 40 hektare.

"Ini merupakan panen kedua di Pamekasan," kata Bupati Achmad Syafii.

Melihat luasnya lahan tebu di Pamekasan, Rini Soemarno berencana membangun pabrik gula di Madura. "Untuk membangun pabrik gula, kita harus punya lahan yang cukup. Mulai 7 hingga 10 ribu hektar tanam tebu," kata Rini Soemarno, Sabtu (12/9/2015).

"Awal tahun, kita sudah mulai membangun pabrik. Kalau tidak, kami sulit untuk menanam tebu," ungkap Rini, di sela-sela sambutannya saat melakukan panen tebu kedua di Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan.

Berdasar data lahan tanaman tebu di Madura, tercatat sebanyak 22 ribu hektar lahan di Pamekasan, sebanyak 17 ribu hektar untuk kabupaten Sumenep. Serta sebanyak 78 ribu hektar di Kabupaten Sampang. "Dari data itu, sehingga bisa terbangun pabrik gula di Madura," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Rini Soemarno juga menyumbangkan uang sebesar Rp 350 juta untuk pembuatan sumur bor di area lahan tebu di Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan. Sebab keberadaan lahan tebu di daerah tersebut, dinilai kurang memadai karena berada di titik lahan kering.

Sementara keberadaan tebu sendiri untuk lokal Madura, dinilai sangat bagus dan tidak kalah bagus dengan dengan tebu di pulau lain. Sehingga sangat penting dan sudah saatnya dibangun pabrik gula di Madura.