- - - -
Facebook  Twitter  Google+

17/09/2015

Minim Data RKA, Komisi C DPRD Bangkalan Sidak Proyek Trotoar

lintasmaduranews - Komisi C DPRD Bangkalan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga proyek trotoar di Jalan KH Moh Holil, Jalan Teuku Umar, dan Jalan Soekarno - Hatta, Kamis (17/9/2015).

Sidak dilakukan lantaran pihak legislatif minim data detail terkait Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tiga proyek senilai Rp 4,3 miliar itu.

"Kami tidak melihat secara detail data RKA. Maka itu kami tinjau ke lokasi untuk melihat konstruksinya seperti apa," ungkap Ketua Tim Sidak Komisi C Musyawir.

Ia menjelaskan, kendati RKA merupakan ranah eksekutif, namun RKA wajib disampaikan ke pihak legislatif.

Seperti yang tertuang dalam Undang - undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 terkait Penyusunan Anggaran.

"Ke depan, detailnya akan menjadi pembahasan di komisi, bukan di banggar (badan anggaran). Semua rencana kegiatan anggaran harus dibahas sebagai permulaan," jelasnya.

Berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK), proyek trotoar sejauh kurang lebih 2,4 kilometer itu dimulai bulan ini dan akan berakhir pada akhir tahun 2015. Adapun pekerjaannya meliputi pemasangan keramik dan memperkuat pondasi depan trotoar.

"Hasil dari pemantauan akan kami kroscek dengan RAB (Rancangan Anggaran Biaya) nya. Kemudian akan kami jadikan bahasan di komisi," pungkas Musyawir.

Sementara itu, Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bangkalan Rio Bantara menyatakan, tidak bisa menjelaskan secara detail rincian RKA dan RAB proyek tersebut.

"Ada di kantor datanya. Tapi yang jelas, untuk renovasi trotoar di Jalan KH Moh Cholil senilai Rp 1,3 miliar, Jalan Teuku Umar Rp 600 juta, dan Jalan Soekarno - Hatta Rp 2,4 miliar," singkatnya saat mendampingi sidak.