- - - -
Facebook  Twitter  Google+

25/09/2015

Pasca Tragedi Mina, 225 Jemaah Haji Indonesia Belum Pulang ke Maktab

lintasmaduranews - Pasca tragedi di Mina diketahui sekurangnya 3 jemaah haji Indonesia wafat dan 6 lainnya terluka karena insiden Mina 204. Tidak tertutup kemungkinan jumlah ini akan bertambah mengingat banyak jemaah haji Indonesia yang belum kembali ke maktab sejak hari kejadian itu.

"Jemaah yang dilaporkan belum kembali ke tenda di Mina mulai saat kejadian sampai dengan tanggal 25 September 2015 pukul 07.00 WAS, sebanyak 225 orang," tutur Kepala Daerah Kerja Arsyad Hidayat dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (25/9/2015).

Berikut rincian jemaah Indonesia yang belum kembali ke maktabnya:

a.    Kloter BTH 14 sebanyak 14 orang
b.    Kloter SUB 48 sebanyak 19 orang
c.    Kloter JKS 61 sebanyak 192 orang

Maktab ketiga kloter ini bertempat di Mina Jadid. Arsyad Hidayat mengatakan kemungkinan jemaah yang belum kembali ke maktab berada di hotel di Makkah karena jaraknya lebih dekat ke jamarat.

Sedangkan dalam keterangan tertulis pemerintah disampaikan, belum bisa dipastikan mereka yang hilang itu termasuk korban peristiwa Mina atau bukan. Ada beberapa alasan jemaah belum kembali ke pemondokan. Misalnya, sedang beribadah ke Masjidil Haram, tersesat, berkunjung ke kerabatnya di maktab lain dan sebagainya. Yang jelas pemerintah terus mencari jejak mereka.